Bisnis Alat Berat yang Menjanjikan! Ini Daftar Harga Sewa Alat Berat per Jam Semua Jenis 2024

Bisnis Alat Berat yang Menjanjikan! Ini Daftar Harga Sewa Alat Berat per Jam Semua Jenis 2024

ada baiknya Anda mencari penyedia jasa sewa alat berat yang terpercaya dan memiliki kendaraan alat berat yang kondisinya masih bagus.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sederhananya, yang dimaksud dengan alat berat adalah alat-alat yang digunakan untuk membantu mengerjakan sebuah proyek konstruksi, agar lebih mudah dan cepat selesai. Misalnya seperti Excavator, Bulldozer, Forklift, dan masih banyak lagi jenisnya.

Harga sewa alat berat sebenarnya bermacam-macam, dan biasanya bisa ditawar. Beberapa faktor yang mempengaruhi mahal tidaknya harga sewa sebuah alat berat yakni dari jenis atau tipe alat berat, kondisi alat berat, lama sewa, hingga lokasi rental sewa alat berat.

BACA JUGA:Makin Cuan, Cara Gampang Jadi Agen Top Up Game Online Tanpa Modal

Harga Sewa Alat Berat per Jam
Untuk mengetahui harga Sewa Alat Berat saat ini, Anda bisa simak artikel ini sampai habis. Berikut adalah daftar harga Sewa Alat Berat yang dapat dijadikan acuan awal untuk mengerjakan proyek Anda.

Harga Sewa Excavator
Excavator merupakan salah satu jenis alat berat yang fungsinya untuk menggali dan memindahkan material, seperti tanah, kerikil dan bebatuan. Excavator, yang sering orang Indonesia bilang ‘beko’ atau ‘bego’ memiliki berbagai macam tipe.

Berikut ini adalah harga sewa beko per unit berdasarkan jenisnya:
Tipe Excavator        Harga Sewa per Unit
Excavator Mini        Rp 140.000 – Rp 160.000 per Jam
Excavator PC        Rp 160.000 – Rp 250.000 per Jam
Excavator Long Arm    Rp 250.000 per Jam
Excavator Roda Ban    Rp 230.000 per Jam

Biaya sewa bego per unit di atas merupakan harga sewa per jam, dengan minimal masa sewa 100 jam. Jika Anda sewa kurang dari 100 jam, maka akan dikenakan harga khusus. Biaya sewa Excavator per jam juga dinilai lebih murah dari biaya sewa Excavator harian.  

BACA JUGA:Ini Dia Daftar Pekerjaan Di Australia untuk Orang Indonesia 2024

Harga Sewa Bulldozer
Anda mungkin sudah tahu, Bulldozer adalah jenis alat berat yang memiliki alat pendorong di bagian depan, fungsinya untuk menarik, menggali, sampai dengan meratakan atau menimbun material (tanah, pasir, kerikil).

Ada berbagai jenis Bulldozer yang biasanya digunakan, seperti Bulldozer tipe mini dan standar. Harga sewa Bulldozer per jam kurang lebih antara Rp 165.000 – Rp 250.000, dan itu hanya sewa unit nya saja belum termasuk operator.

Harga Sewa Vibro Roller
Vibro Roller adalah kendaraan alat berat yang fungsinya untuk memadatkan tanah atau aspal dengan menggunakan getaran dan tekanan. Harga sewa Vibro Roller per jam bisa meyesuaikan dengan jenis unit yang disewa, yakni berkisar Rp 165.000 – Rp 185.000.

Harga Sewa Forklift
Forklift merupakan alat berat yang dapat membantu mengangkat material dan barang-barang berat lain dengan ketinggian maksimal 3 meter dalam jarak yang pendek. Harga sewa Forklift antara Rp 390.000 hingga Rp 1.650.000 per hari.

BACA JUGA:Kesempatan Emas! Lowongan Kerja di Australia Sistem Potong Gaji

Harga Sewa Wheel Loader
Wheel Loader merupakan jenis alat berat yang mirip dengan Bulldozer, tapi menggunakan roda karet. Wheel Loader digunakan untuk memindah material-material berat ke dalam truk pengangkut. Harga sewa Wheel Loader per jam mulai dari Rp 175.000 hingga Rp 515.000 per unitnya, tergantung dari jenis Wheel Loader yang disewa.

Harga Sewa Tandem Roller
Tandem Roller memiliki bentuk yang mirip dengan Vibro Roller, Tandem Roller juga berfungsi memadatkan tanah dan aspal namun Tandem Roller memiliki 2 drum (roller) yang berdampingan. Harga sewa Tandem Roller per jam kurang lebih Rp 1.000.000 per 8 shift, baik untuk Tandem Roller berjenis tanpa getar maupun menggunakan getar.

Harga Sewa Crane
Crane merupakan alat berat berbentuk panjang, digunakan untuk mengangkat dan memindahkan material dalam jumlah banyak. Beberapa jenis Crane yang biasa digunakan dalam proyek konstruksi adalah, Truck Crane, Mobil Crane, dan Crawler Crane. Berikut adalah harga sewa Crane, berdasarkan jenis-jenis Crane.
Jenis Crane    Harga Sewa per Unit
Truck Crane    Rp 4.500.000 – Rp 7.500.000 per hari
Mobil Crane    Rp 5.000.000 – Rp 8.000.000 per hari
Crawler Crane    Rp 375.000 – Rp 525.000 per jam

BACA JUGA:Keluarga Pejabat Bengkulu Menang di Pileg, Pengamat Politik: Diuntungkan Kekuasaan, Tetapi yang Milih Rakyat

Harga sewa per hari yang dimaksud dalam harga sewa alat berat tersebut adalah per shift kerja atau umunya 8 jam kerja. Harga tersebut juga belum termasuk biaya setting peralatan hidrolik crane, dan biaya pembongkaran peralatan.

Harga Sewa Dump Truck
Dump Truck adalah kendaraan pengangkut material mirip truk, namun bak belakangnya bisa diangkat saat akan mengosongkan muatannya. Untuk menyewa Dump Truck, Anda dapat menyewa per jam, per hari, hingga per bulan tergantung kebijakan dari pemilik rental alat berat. Harga sewa Dump Truck per jam sekitar Rp 150.000, dan sekitar Rp 42.500.000 per bulannya.

Perlu Anda ketahui, harga sewa alat berat yang telah diuraikan diatas dapat berubah sewaktu-waktu dan dapat dinegosiasikan dengan pemilik rental alat berat. Biaya sewa tersebut juga belum termasuk:

- Uang makan operator alat berat
- Upah harian operator alat berat
- Bahan bakar alat berat
- PPH dan PPN
- Biaya koordinasi lapangan, seperti biaya komunikasi, pengawasan, dan manajemen proyek
- Biaya membawa peralatan dan tenaga kerja ke lokasi proyek
- Biaya mengembalikan peralatan dan tenaga kerja ke tempat sewa
- Tempat menginap atau mess untuk operator.
Sehingga, Anda perlu menyiapkan dana khusus untuk membayar biaya-biaya diluar harga sewa alat berat tersebut.

BACA JUGA:4 OPD Pemprov Bengkulu Jalin Kerjasama Pendamping Hukum ke Kejati Bengkulu

Cara Menyewa Alat Berat
Sebenarnya tidak ada cara khusus untuk menyewa alat berat, Anda hanya perlu menghubungi rental alat berat di wilayah Anda, kemudian minta mereka untuk memberikan penawaran harga sewa alat berat yang Anda butuhkan. Sebelum Anda melakukan analisa sewa alat berat, ada baiknya Anda mencari penyedia jasa sewa alat berat yang terpercaya dan memiliki kendaraan alat berat yang kondisinya masih bagus.

Jangan lupa juga tanyakan detail tahapan sewa alat berat, seperti syarat yang dibutuhkan dan cara pembayaran sewa agar tidak terjadi salah paham di kemudian hari. Demikian informasi terkait harga sewa alat berat dan cara sewanya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: