Mengenal Lebih Dalam Bangunan Candi Ratu Boko Peningggalan Kerajaan Mataram Kuno

Mengenal Lebih Dalam Bangunan Candi Ratu Boko Peningggalan Kerajaan Mataram Kuno

Candi Ratu Boko -Akun Insatagram @andinianastasiaa-

Melansir dari situs taman wisata candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko candi Ratu Boko bukan lah candi melainkan reruntuhan kerajaan oleh karena itu candi Ratu Boko disebut keraton Ratu Boko.

Terdapat alun-alun dikeraton Ratu Boko alun-lun yang merupakan tanah lapang dan rerumputan hijau di beberapa titik pengunjung bisa menjumpai pohon di alun-alun sehingga cocok di jadikan spot foto.

Keraton Ratu Boko adalah salah satu spot untuk melihat peandangan sunset atau matahari terbenam yang indah di yogyakarta.

BACA JUGA:Berwisata Seraya Berburu Barang Antik di Pasar Triwindu Solo

Terdapat 7 titik struktur bangunan Candi Ratu Boko yaitu:

1. Gerbang

Gerbang masuk ke candi berada diarah barat dari area parkir berjalan sekitar 100 meter masuk kedalam terdapat gerbang utama berukuran besar ada tangga dengan ornamen ukel atau gelung di pangkal dan kepala raksasa di puncak pipi tangga.


Candi Ratu Boko -Akun Insatagram @andinianastasiaa-

2. Candi Batukapur

Ketika sudah memasuki gerbang ada pondasi dengan ukuran 5 x 5 m di sisi timur laut dan pondasi ini terbuat daru batu kapur.

3. Candi Pembokoran

Candi ini berbentuk teras berundak setunggi 3 meter bangunan yang memiliki denah dasar bujur sangkar seluas 26 m persegi.Sedangkan teras yang kedua lebih sempit betuk nya sama berbentuk rerumputan di sekeliling teras kedua.

BACA JUGA:Wisata Edukasi Lembah Indah Malang Malang, Berwisata Sembari Belajar Menanam Sayuran dan Berternak Hewan

Dinding kedua teras barudak diperkuat dengan turap dari susunan batu kali,di sudut tenggara candi pembokoran terdapat sumur tua yang konon merupakan sumber air suci dan pada bagian tengah terdapat sumur bujur sangkar ukuran 4x4 m berfungsi sebagai tempat pembokoran atau pembakaran mayat.

4. Paseban 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: