Berwisata Seraya Berburu Barang Antik di Pasar Triwindu Solo

Berwisata Seraya Berburu Barang Antik di Pasar Triwindu Solo

Berwisata Seraya Berburu Barang Antik di Pasar Triwindu Solo -Pinterest-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pasar Triwindu merupakan destinasi wisata unik yang cocok untuk kamu yang suka berbelanja barang - barang unik dan antik. 

Pasar Triwindu terletak di kawasan Ngarsopuro, tepatnya di hadapan Pura Mangkunegaran, Jalan Diponegoro, Keprabon, Banjarasi, Solo, Jawa Tengah. 

Pasar Triwindu dapat disebut sebagai pusat perdagangan sekaligus cagar budaya pada wisata Solo. 

Keunikan pasar Triwindu ini sangat menonjolkan seni dan budaya Solo melalui bentuk tiang, lampu, lukisan tembok, bahkan trotoar yang didesain sangat menarik.

BACA JUGA:Menyaksikan Keindahan Air Terjun Blang Kolam, Wisata Tersembunyi di Aceh

Pada bagian atap Pasar Triwindu terlihat menggunakan kampung jompongan yang berhiaskan ornamen wayang pada bagian depan, dilengkapi dengan ornamen berbentuk banyu tetes bagian tepi atap. 

Arsitektur dari Pasar Triwindu terbuat besi konsol tritisan bermotif flora (daun dan bunga) yang menjadi penguat karakter dari rumah tradisional Jawa. 


Berwisata Seraya Berburu Barang Antik di Pasar Triwindu Solo -Pinterest-

Selain itu, Pasar Triwindu juga memiliki ikon berupa sepasang patung Loro Blonyo sebagai identitas khas. 

Patung Loro Blonyo Sendiri merupakan ekspresi simbolisme Dewi Sri dan Raden Sardono yang mana menurut kepercayaan Jawa akan mendatangkan kemakmuran dan kesejahteraan dalam hidup. 

BACA JUGA:Ada Sejak 700 Tahun Lalu! Desa di Belitung Timur Ini Jadi Lokasi Wisata Tambang Timah dan Intan Hitam

Menariknya, di bagian depan juga terdapat ornamen berupa topeng Surakarta, yang bercirikan rias khas wayang Surakarta, yakni ksatria dengan wajah putih.

Interior Pasar Triwindu, dibedakan berdasarkan jenis barang yang dijual. Di lantai 1 digunakan untuk varian produk barang antik, namun sebagian lainnya digunakan untuk onderdil, servis dinamo, alat pertukangan, hingga kuliner.

Di lantai 2, barang yang dijajakan jauh lebih beragam, kamu bisa melihat berbagai barang yang menarik hati untuk dimiliki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: