Musim Hujan Tiba, Yuk Pilih Pembersih Kaca Mobil Terbaik

Musim Hujan Tiba, Yuk Pilih Pembersih Kaca Mobil Terbaik

Kaca mobil yang kotor akan mengganggu visibilitas terutama ketika hujan atau malam hari--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pembersih kaca mobil terbaik tidak harus yang mahal, bahkan cairan dari bahan-bahan alami pun dapat digunakan. Kaca mobil terutama pada bagian depan, memang merupakan bagian kendaraan yang penting untuk membantu pengemudi selama berkendara.

Jika kaca ini kotor, berjamur, atau bahkan retak, tentunya bisa mengganggu visibilitas sopir saat mengemudikan kendaraan tersebut. Untuk itulah kaca mobil juga perlu selalu mendapat perawatan secara berkala, terlebih lagi, komponen ini merupakan bagian dari eksterior mobil yang akan terkena debu dan kotoran lebih dulu dibanding perangkat lainnya.

BACA JUGA:Tidak Hanya Soal Kebocoran, Kenali Penyebab Oli Mesin Mobil Cepat Habis

Kaca mobil yang kotor akan mengganggu visibilitas terutama ketika hujan atau malam hari. Tapi di satu sisi, Anda mungkin juga sering kesulitan ketika harus memilih apa produk pembersih kaca mobil terbaik dan aman untuk kendaraan kesayangan Anda. Ini lantaran ada beberapa jenis cairan pembersih kaca mobil yang ketika dipakai malah meninggalkan bercak-bercak putih sehingga mengganggu pandangan pengemudi dikala malam hari atau saat hujan deras.

Belum lagi jenis kotoran yang juga sulit untuk dihilangkan dengan cairan tertentu, misalnya bercak kotoran burung yang kebetulan jatuh tepat di atas permukaan kaca mobil. Untuk itulah, kali ini kita akan bahas mengenai cara memilih pembersih kaca mobil terbaik yang sesuai kebutuhan Anda.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Pilihan Obat Nyeri Otot dan Sendi yang Ampuh di Toko Obat

Pembersih Kaca Mobil Alami
Guna menghilangkan Kaca Mobil berjamur sebenarnya bisa dilakukan dengan memakai beberapa cairan pembersih dari bahan-bahan yang bisa Anda temukan di peralatan rumah tangga. Cairan pembersih alami ini sangat dianjurkan lantaran memiliki risiko merusak lapisan Kaca Mobil yang lebih kecil daripada memakai obat kimia tertentu.

Lantas apa saja cairan alami tersebut?
1. Pembersih Kaca Mobil Pakai Pasta Gigi
Dikutip dari laman Daihatsu Indonesia, pasta gigi atau odol bisa menghilangkan jamur di Kaca Mobil, dan penggunaanya juga sangat mudah. Oleskan pasta gigi merek apapun ke Kaca Mobil, dan ratakan tipis-tipis dengan jari tangan dengan teknik gerakan memutar, lalu tunggu hingga kering.

BACA JUGA:Benarkah Minum Kopi Bisa Memicu Vertigo?

Setelah itu bilas pasta gigi dengan air bersih sambil digosok menggunakan kain lembut agar jamur hilang. Selanjutnya keringkan lagi permukaan kaca mobil dengan kertas koran yang bersih dan kering sampai jamur-jamur di permukaan kaca benar-benar hilang.

2. Minuman Bersoda
Membersihkan jamur pada kaca mobil dengan minuman bersoda juga cukup mudah.  Pertama-tama lap terlebih dulu bagian kaca yang ada jamurnya dengan kain microfiber kering untuk menghilangkan debu dan kotoran.  Kemudian siapkan kain lap lain yang bersih dan kering, lalu basahi sedikit dengan minuman bersoda tanpa perlu dicampur dengan air. Lantas gosok perlahan ke permukaan kaca yang terdapat jamur sampai flek dan kotoran tersebut benar-benar hilang.

BACA JUGA:Terbaru, Ini Daftar Harga HP Xiaomi 2024

3. Cairan Pemutih Pakaian
Cara efektif lainnya guna membersihkan kaca mobil adalah dengan cairan pemutih pakaian.  Bisa dengan merek seperti Bayclin atau sejenisnya yang dijual di minimarket, jangan lupa siapkan juga lap microfiber yang bersih. Langkah-langkahnya cukup mudah, tinggal basahi kain dengan cairan pemutih pakaian secukupnya, atau dapat pula cairan dituangkan ke botol, lantas disemprotkan ke kaca.

Saat permukaan kaca masih basah, segera gosok perlahan dengan kain lap lembut hingga kaca menjadi bersih kembali. Perlu diingat dalam membersihkan kaca mobil tidak terlalu kuat menekan saat menggosok, sehingga tidak menimbulkan goresan.

BACA JUGA:Sama-sama Miliki Desain Retro Modern, Inilah Perbedaan Honda Stylo 160 Vs Yamaha Grand Filano

Cairan Pembersih Kaca Mobil yang Aman
Saat membersihkan permukaan kaca mobil Anda juga perlu memperhatikan dari jenis kotoran yang menempel di bagian tersebut. Sebab jenis kotoran yang ada, terkadang baru bisa terangkat dengan cairan tertentu. Untuk itulah perhatikan beberapa hal berikut ini saat merawat permukaan kaca mobil khususnya bagian kaca depan.

1. Jangan Gunakan Pembersih Kaca Rumah
Mungkin Anda berpikir jika membersihkan permukaan semua jenis kaca sama saja, karena itulah masih dibolehkan untuk menggunakan cairan pembersih kaca rumah. Sebenarnya anggapan ini keliru, karena kaca mobil depan, samping, atau belakang jelas berbeda dengan kaca rumah lantaran komponen kendaraan ini sudah diberi lapisan khusus yang berbeda dengan kaca rumah atau gedung. Oleh sebab itu, jika dipaksakan pakai pembersih kaca rumah, ada risiko kaca mobil malah tergores serta mengikis lapisan yang telah diberi formula water repellent oleh pabrikan kendaraan tersebut.

BACA JUGA:Aman Tanpa Bahan Kimia, Begini Cara Mengusir Nyamuk di Rumah!

2. Membersihkan Kaca Mobil dari Sisa Bercak Air
Jika kaca mobil meninggalkan bercak air sisa hujan yang tidak segera di lap kering, sebaiknya pilih produk pembersih kaca mobil yang sedikit mengandung detergen atau yang memiliki sifat melarutkan minyak.  Mereknya bisa apa saja karena cukup banyak dipasaran, Anda tinggal phatikan formula kandungan yang terdapat di cairan pembersih kaca tersebut, dan sesuaikan dengan budget.

3. Membersihkan Sisa Kotoran Burung
Kotoran hewan semisal burung atau getah pohon yang kebetulan jatuh di permukaan kaca serta kemudian mengering memang membuat kesal. Selain terlihat menjijikkan, keberadaan kotoran ini bisa mengganggu pandangan saat berkendara.

BACA JUGA:Agar Terhindar dari Siksa Kubur, Syekh Ali Jaber Bagikan Amalan Terbaiknya, Sesuai Janji Rasulullah SAW

Eits tapi jangan langsung gosok kotoran tersebut dengan air! Karena tindakan tersebut malah berpotensi membuat goresan di permukaan kaca yang pada akhirnya malah menimbulkan kerusakan lebih fatal. Sebaiknya pilih pembersih kaca mobil yang berbahan dasar kompo, karena bahan ini adalah senyawa kimia yang memiliki sifat mengikis tanpa meninggalkan bekas goresan.

4. Kaca Mobil Berjamur Parah
Apabila titik-titik atau bercak jamur di kaca mobil sudah terlihat cukup banyak serta sulit dibersihkan dengan cairan yang ada di rumah, maka Anda perlu menggunakan produk pembersih kaca mobil terbaik.  Pilihlah pembersih yang punya sifat polish, kandungan ini biasanya mampu menghilangkan noda bekas kerak air hujan yang menempel terlalu lama, termasuk juga menghilangkan jamur di kaca mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: