Aman Tanpa Bahan Kimia, Begini Cara Mengusir Nyamuk di Rumah!

Aman Tanpa Bahan Kimia, Begini Cara Mengusir Nyamuk di Rumah!

ada langkah-langkah tertentu yang bisa dilakukan untuk mengusir nyamuk tanpa menggunakan bahan kimia--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Memasuki musim peralihan dari musim kemarau ke musim hujan seperti sekarang ini, biasanya identik juga dengan musim DBD (Demam Berdarah Dengue). Musim DBD ditandai dengan meningkatnya jumlah nyamuk di lingkungan sekitar, termasuk nyamuk Aedes aegypti yang jadi penyebab penyakit demam berdarah. nyamuk ini sangat suka hidup di negara tropis. Jadi tak heran kalau penyakit DBD sangat rentan dialami kita yang tinggal di Indonesia.

BACA JUGA:Biar Tahu! Begini Sejarah Petasan Atau Kembang Api Tercipta

Walaupun musim DBD lebih sering dikaitkan dengan musim peralihan, tapi sebenarnya musim DBD tak hanya bisa terjadi saat musim hujan saja, lo. Saat musim kemarau pun nyamuk penyebab DBD tetap bisa hidup dan “menghantui” kita semua, terlebih jika lingkungan yang kita tinggali tidak dirawat dengan baik. Nyamuk bisa berkembang biak di area yang banyak genangan air, seperti di pot, bak air di kamar mandi, atau selokan yang kotor dan tidak terawat.

Musim DBD di Indonesia sudah menjadi semacam penyakit tahunan. Ini karena negara kita termasuk negara tropis yang jadi tempat terbaik bagi nyamuk Aedes aegypti berkembang biak. Setiap tahunnya dilaporkan ada puluhan ribu, bahkan ratusan ribu kasus DBD yang tersebar di seluruh negeri. Penyakit yang gejalanya demam ini juga seringkali memakan korban. Setiap tahun ada ratusan orang meninggal karena penyakit DBD, dan di antaranya termasuk anak-anak!

Penyakit DBD harus segera ditangani karena bisa mengancam nyawa. Sayangnya, masih banyak daerah di Indonesia yang tidak memiliki fasilitas kesehatan memadai.

BACA JUGA:Bikin Ngakak! Inilah Partai Politik Paling Aneh yang Pernah Ada di Dunia

 

Nyamuk DBD Bisa Dicegah Dengan Menerapkan 3M+
Walaupun sudah jadi “langganan”, tapi bukan berarti musim DBD tidak bisa dikendalikan. Karena nyamuk berkembang biak di genangan air, berarti kita harus menjaga agar tidak ada air menggenang di sekitar kita. Nyamuk DBD bisa dicegah dengan menerapkan 3M+. Apa saja yang termasuk 3M+?

1. Menguras
Bak air di kamar mandi harus rutin dikuras untuk menghilangkan jentik-jentik nyamuk yang mungkin bersarang di dalamnya. Sikat juga bagian dalamnya untuk memastikan bak benar-benar bersih.

BACA JUGA:Sejarah Asal Mula Rajah Atau Tato di Dunia

2. Menutup
Setelah dikuras, selalu tutup rapat bak mandi setelah digunakan, supaya nyamuk tidak bisa masuk dan berkembang biak di sana. Ini juga berlaku pada semua tempat penampungan air, ya, tidak hanya bak di dalam kamar mandi saja.

3. Mengubur
Singkirkan atau kubur benda-benda yang berpotensi menampung air saat hujan, misalnya ban bekas, ember bekas, atau pot tanaman yang sudah tidak digunakan.

4. Menghindari gigitan nyamuk
Kalau dulu kita sering dengar iklan layanan masyarakat yang mengimbau untuk menerapkan 3M, sekarang slogannya sudah bukan 3M lagi, tapi jadi jadi 3M+. Nah, “plus”nya ini adalah menghindari gigitan nyamuk, Bu. Caranya seperti memakai kelambu ketika tidur, menghindari kebiasaan menggantung terlalu banyak baju di belakang pintu atau dinding, serta membuat ventilasi agar cahaya dan udara bisa masuk ke rumah.

BACA JUGA:Kelompok Sekte Kontroversial yang Pernah Muncul di Indonesia

Cara Mengusir Nyamuk di Rumah Tanpa Bahan Kimia
Memiliki rumah di negara tropis yang bebas dari nyamuk bisa jadi impian banyak orang. Sebagian besar dari kita mungkin sudah terbiasa Mengusir Nyamuk menggunakan obat yang dibakar atau semprotan pengusir nyamuk berbahan kimia. Obat-obatan tersebut memang ampuh membunuh nyamuk, tapi karena terbuat dari Bahan Kimia, obat atau semprotan itu berisiko membahayakan orang-orang di rumah, apalagi jika di rumah ada anak kecil, ya, Bu. Obat anti nyamuk itu bisa saja terhirup atau tertelan si kecil. Tentunya Ibu dan Ayah jadi was was, ya.

Nah, sebenarnya, ada langkah-langkah tertentu yang bisa dilakukan untuk Mengusir Nyamuk tanpa menggunakan Bahan Kimia. Cara-cara ini tergolong alami dan sangat mudah dilakukan di rumah. Apa saja cara Mengusir Nyamuk di rumah yang aman?

1. Menggunakan irisan lemon dan cengkeh
Cara Mengusir Nyamuk di rumah yang pertama adalah dengan menggunakan irisan lemon dan cengkeh. Metode ini sudah banyak dipraktikkan dan berhasil menghalau nyamuk untuk masuk ke rumah. Dikutip dari laman India Today, nyamuk sangat benci bau cengkeh dan apapun yang mempunyai wangi jeruk. Caranya pun sangat mudah, Ibu hanya perlu mengiris lemon menjadi dua, lalu masukkan cengkeh ke dalam daging lemon. Taruh di atas piring dan tempatkan di sudut-sudut rumah atau di ruangan yang paling banyak nyamuk. Cara Mengusir Nyamuk di rumah ini sangat alami dan tentunya tidak berbahaya.

BACA JUGA:Jadi Penerus Starlet! Inilah Sejarah Toyota Yaris di Indonesia

2. Meletakkan kulit jeruk di sekitar ruangan
Selain menggunakan lemon, Ibu juga bisa memakai kulit jeruk yang beraroma asam sebagai cara mengusir nyamuk di rumah. Banyak penelitian yang sudah membuktikan banyak kulit jeruk bisa mengurangi intensitas nyamuk berkembang biak di area yang diletakkan kulit jeruk. Meski tidak bisa 100 persen mengusir nyamuk dari rumah, tapi cara ini tetap efektif dilakukan, kok, dan tentunya tidak berbahaya. Caranya juga cukup mudah, letakkan kulit jeruk di sudut-sudut yang disukai nyamuk, seperti di tempat tidur.

3. Membuat semprotan bawang putih
Kalau Ibu ragu menggunakan semprotan berbahan kimia karena takut terhirup anak-anak, Ibu bisa lo menggantinya dengan semprotan dari bawang putih. Cara mengusir nyamuk di rumah ini cukup simpel, Ibu bisa mencincang beberapa siung bawang putih dan rebus di dalam air selama beberapa menit. Setelah itu tuang larutan tersebut ke dalam botol semprot dan semprotkan di sekitar rumah untuk mengusir nyamuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: