4 Kelurahan di Kota Bengkulu Terendam Air, Dampak Hujan Semalaman

4 Kelurahan di Kota Bengkulu Terendam Air, Dampak Hujan Semalaman

Salah satu lokasi banjir di kelurahan Rawa Makmur Kota Bengkulu-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Hujan yang mengguyur Kota Bengkulu sejak Jumat malam 2 Februari 2024 hingga Sabtu siang 3 Februari 2024 membuat rumah warga terendam banjir. 

Berdasarkan data BPBD Kota Bengkulu, sebanyak 4 Kelurahan yakni Rawa Makmur, Tanah Patah, Jembatan Kecil, dan Tebeng terendam banjir dengan total rincian sebanyak 78 KK yang terdampak. 

Kalaksa BPBD Kota Bengkulu, Wilhopi menjelaskan tim Satgas bencana BPBD sudah turun meninjau lokasi rumah warga yang terdampak. 

Dari hasil laporan sementara, tak ada korban jiwa akibat bencana ini namun warga mengalami kerugian materil yang belum diketahui nilainya. 

BACA JUGA:Program Dapur Masuk Sekolah Kodam II/Sriwijaya di Kota Bengkulu Bantu Tangani Stunting

"Upaya yang di lakukan Tim Satgas BPBD Kota Bengkulu melakukan peninjauan lokasi dan pemantauan lokasi rawan banjir. Ini lebih ke genangan air dan kalau hujan reda ini akan langsung surut. Jika ada warga yang ingin bantuan evakuasi bisa langsung hubungi BPBD Kota Bengkulu," jelasnya. 

Tim satgas juga megingatkan agar warga yang rumahnya terjadi banjir untu tetap waspada, karena untuk saat ini sedang musim penghujan dengan intensitas tinggi hingga lebat yang belum diketahui kapan akan berakhir. 

Sementara itu, salah seorang warga Kelurahan Rawa Makmur, Devi menjelaskan, rumahnya sudah mulai tergenang banjir sejak pukul 2 dini hari tadi.

Ia menduga derasnya air hujan membuat debit air cukup tinggi dan tidak tertampung oleh drainase di depan rumahnya sehingga mengakibatkan banjir.

BACA JUGA:Inflasi Sektor Transportasi Dipicu Kenaikan Harga BBM, Ini Langkah Dishub Kota Bengkulu

"Hujan cukup deras dan lama, jadi air meluap dan rumah saya kebanjiran, setidaknya di kawasan rumah kami ini ada dua unit rumah yang terpendam banjir, dengan ketinggian sekitar 30 cm," ujarnya. 

Nurhaiyus menambahkan, wilayah rumahnya di kawasan Kelurahan Rawa Makmur, memang kerap menjadi langganan banjir setiap hujan deras tiba. 

Sehingga warga setempat sudah biasa menghadapi banjir, dan sudah menyiapkan langkah antisipasi dengan mengamankan barang berharga di tempat yang lebih tinggi.

BACA JUGA:6.895 Anggota KPPS di Kota Bengkulu Sudah Dibackup BPJS Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: