Tips Mobil yang Tepat untuk Wanita Pemula! Perhatikan 7 Hal Ini

Tips Mobil yang Tepat untuk Wanita Pemula! Perhatikan 7 Hal Ini

para wanita bisa memilih mobil yang tidak hanya mencerminkan gaya hidup mereka --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Memilih mobil yang tepat untuk wanita pemula terkadang bukan hal yang mudah karena harus mempertimbangkan banyak hal. Ya para kaum perempuan ini ada juga sebagian yang baru pemula menggunakan mobil, sehingga kurang memahami dunia seputar otomotif termasuk bagaimana perawatan pada kendaraan pribadi.

BACA JUGA:Injak Pedal Rem Atau Pedal Kopling Dulu Sih, Saat Mengurangi Kecepatan Mobil?

Disatu sisi, dalam beberapa tahun belakangan, persentase pengemudi pria dan wanita di Indonesia maupun global cenderung seimbang.  Kini semakin banyak wanita yang menggunakan mobil pribadi dalam aktivitas sehari-harinya untuk bekerja, berbelanja, mengantar anak sekolah, atau sekedar bertemu teman mereka.Selain itu, seiring dengan berkembangnya kesetaraan gender, semakin banyak wanita yang memutuskan sendiri untuk memiliki mobil pribadi.

Makin banyak wanita yang memutuskan sendiri saat membeli mobil
Diungkapkan oleh Harold Donnel, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), menurut data pembelian mobil Suzuki sendiri, kebanyakan pengemudi wanita memilih kendaraan yang berukuran compact dengan ruang kabin yang lapang, desain stylish dengan fitur yang mendukung keamanan dan kenyamanan berkendara, serta biaya kepemilikan yang cenderung ekonomis.

BACA JUGA:Mobil Terendam Banjir! Kenali Risiko dan Cara Penanganan Pertamanya

"Karenanya Suzuki terus berinovasi untuk memproduksi kendaraan yang cocok mendukung aktivitas sehari-hari konsumen kami. Contohnya, pengemudi wanita yang menggunakan mobil Suzuki didominasi oleh kalangan usia produktif dengan profesi yang beragam," jelas Harold melalui keterangan tertulisnya.

Suzuki menilai, lini mobil passenger seperti S-Presso, Baleno, dan Ignis, cocok dengan kebutuhan pengemudi wanita. "Sejak awal berdirinya, Suzuki banyak dikenal sebagai produsen kendaraan kecil yang andal. Kini di Indonesia Suzuki memiliki beberapa model yang kami rasa sangat cocok untuk mendukung kebutuhan pengemudi wanita seperti S-Presso, Baleno, atau Ignis," sebut Harold.

BACA JUGA:7 Fitur Mobil yang Sangat Berguna Saat Hujan Deras

Namun disatu sisi, ada yang mengatakan bahwa wanita pemula yang cenderung memilih mobil kecil adalah kurang aman sehingga memutuskan membeli mobil yang terlihat maskulin dari luar.Lantas apa tips dalam memilih mobil yang tepat untuk wanita pemula?

1. Tentukan Kebutuhannya
Tentukan kebutuhannya apakah digunakan sehari-hari atau juga dipakai di akhir pekan Sebelum memilih mobil, langkah pertama yang harus diambil adalah mengevaluasi kebutuhan pribadi.  Ini melibatkan pertimbangan tentang frekuensi perjalanan dan jarak tempuh rata-rata. Wanita pemula harus mempertimbangkan apakah mobil akan digunakan untuk perjalanan sehari-hari, perjalanan jarak jauh, atau mungkin keduanya. Selain itu, pertimbangan anggaran lainnya juga penting, seperti konsumsi bahan bakar.

2. Fitur Keamanan dan Keselamatan
Mobil yang punya fitur Remote Vehicle juga berguna buat para wanita. Saat memilih mobil yang tepat untuk wanita pemula sebaiknya pertimbangkan jika kendaraan itu mungkin akan lebih banyak digunakan oleh perempuan tersebut seorang diri.

BACA JUGA:7 Fitur Mobil yang Sangat Berguna Saat Hujan Deras

Karenanya mobil yang dikendarai harus memiliki sejumlah perangkat keamanan tambahan seperti Immobilizer, Smart Entry, Alrm, serta Auto Door Lock. Atau bahkan mungkin mendeteksi keberadaan posisi mobil melalui GPS yang terintegrasi dengan ponsel seperti fitur Remote Vehicle yang kini mulai banyak diterapkan pada sejumlah mobil baru

Selain itu fitur penambah keselamatan di jalan juga wajib diperhitungkan, minimal mobil tersebut terdapat Airbags, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Hill Start Assist (HSA) dan lainnya.Jangan lupa, pertimbangkan pula pilihan transmisi otomatis ketimbang manual untuk para wanita karena kepraktisannya, terutama untuk pemakaian sehari-hari di dalam kota.

3. Pertimbangkan Ukuran dan Manuverabilitas
Ukuran mobil memainkan peran penting, terutama jika akan digunakan untuk perjalanan perkotaan. Wanita pemula disarankan untuk memilih mobil dengan dimensi yang tidak terlalu besar sehingga memudahkan proses parkir dan manuverabilitas.

BACA JUGA:Laporan Terhadap 2 Oknum ASN Kota Bengkulu yang Tidak Netral Diproses Bawaslu

Namun, penting juga untuk tidak mengorbankan kenyamanan dengan memilih mobil yang terlalu kecil mengingat para wanita yang sering membawa banyak barang kebutuhan atau membawa serta anak dalam perjalanan. Perhatikan apakah kendaraan itu juga punya fitur untuk penunjang penumpang bayi dan anak-anak seperti keberadana fitur ISOFIX dan Child Door Lock  untuk memastikan keamanan anak di dalam mobil selama perjalanan.

Selanjutnya jangan sampai terlewat untuk mempertimbangkan pula soal ukuran bagasi yang dapat menampung kebutuhan barang sehari-hari, kantong belanja, hingga koper untuk pergi berlibur.

4. Pertimbangkan Fitur Hiburan
Wanita kerap mementingkan fitur Hiburan di dalam mobil ketimbang beberapa aspek lainnya. Untuk itulah sebaiknya pilih yang punya perangkat headunit dengan menu lengkap seperti MP3, Bluetooth, CD, hingga kemampuan Mirorring dengan ponsel.

BACA JUGA:Boleh Ditiru, MTsN 1 Kota Bengkulu Sediakan Kantin Halal di Lingkungan Sekolah

Headunit yang dilengkapi Android Auto atau Apple Car Play serta keberadaan fitur navigasi, biasanya akan lebih disukai para wanita. Jangan lupa, fitur rear camera yang terintegrasi dengan headunit ini juga penting dalam membantu mereka saat parkir atau mundur untuk mengetahui keberadan objek di belakang mobil.Headunit yang dapat di kontrol melalui audio steering switch, yaitu beberapa tombol di lingkar kemudi adalah nilai plus yang juga bisa dipertimbangkan.

5. Hitung Biaya Kepemilikan
Saat membeli kendaraan tentunya hal yang paling penting adalah menyusun rencana keuangan. Misalnya apakah mau membeli secara tunai atau kredit, dan jika harus diangsur, berapa biaya cicilannya tiap bulan serta mau sampai tenor berapa bulan.

Kemudian memiliki mobil juga bukan hanya tentang pembelian awal, melainkan juga perencanaan keuangan jangka panjang untuk biaya kepemilikannya.  Wanita pemula harus merencanakan pembiayaan dengan bijak, mempertimbangkan besarnya biaya servis berkala dari kendaraan itu, termasuk keberadaan bengkel resmi atau bengkel spesialis yang bisa menangani. Pahami juga tentang besaran pajak tahunan dan pajak lima tahunan, serta biaya balik nama jika membeli mobil bekas.

BACA JUGA:Matic Premium Peugeot XP400 Meluncur, Bikin Yamaha XMAX 300 Ketar Ketir

6. Lakukan Test Drive
Sebelum membuat keputusan akhir, melakuka test drive alias uji coba kendaraan sangat penting. Ini memungkinkan wanita pemula untuk merasakan kenyamanan dan manuverabilitas mobil secara langsung sesuai kemampuan berkendara mereka.

Selama uji coba, perhatikan fitur-fitur khusus yang mungkin menjadi keputusan penentu seperti fitur hiburan, AC, serta sensor-sensor yang bekerja pada kendaraan tersebut. Jangan sungkan untuk meminta penjelasan dari tenaga penjual mengenai fitur-fitur tadi yang mungkin blum Anda ketahui.

7. Libatkan Orang Terdekat
Ketika hendak benar-benar memutuskan mau membeli mobil apa, penting untuk melibatkan teman atau keluarga dalam proses pengambilan keputusan. Mereka bisa memberikan pengalaman pribadi dengan mobil tertentu atau suatu merek yang dapat diandalkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: