Tips Memilih Sound System Mobil yang Keren dan Cara Merawatnya

Tips Memilih Sound System Mobil yang Keren dan Cara Merawatnya

Sound system yang mempunyai kualitas bagus mengusung beberapa fitur seperti fitur equalizer, time alignment, dan amplifier.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sound system merupakan salah satu elemen yang cukup penting untuk mendapatkan pengalaman audio yang memukau. Dengan berkembang pesatnya teknologi yang terus berkembang, Sound system nggak hanya perangkat yang menghasilkan suara, tetapi juga seni yang memadukan audio dan cara kita untuk menikmati suara.

Apalagi semua jenis mobil juga telah dibekali Sound system yang memukau, dan kamu juga bisa menambahkan beberapa perangkat lain supaya hasilnya semakin keren. Jika kamu ingin mendapatkan Sound system berkualitas, kamu bisa menambahkan sistem terbaru. Untuk memilih sistem yang berkualitas, kamu bisa simak tata caranya di bawah sini!

BACA JUGA:Tips Cara Promosi Video TikTok Agar Viral dan FYP

Tips Memilih Sound System Mobil
Supaya kamu bisa mendapatkan kualitas suara yang jernih dan halus, ada beberapa tips di bawah ini untuk memilih yang bagus yaitu:

1. Memastikan Kualitas Head Unit
Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah memastikan kualitas head unit yang ada di bagian pada sound system. Pilih head unit yang memiliki spesifikasi lengkap dan bagus. Head unit yang berkualitas biasanya mempunyai fitur time alignment yang bisa menghasilkan kualitas audio berkualitas dan jernih.

2. Memilih Audio Sesuai dengan Selera
Tips kedua yang bisa kamu lakukan adalah pilih jenis audio sesuai dengan keinginan pribadi. Sebab, ada beberapa jenis audio mobil yang berbeda jenisnya seperti SPL, SQL, dan SQ.

BACA JUGA:Jangan Salah Kaprah! Begini Cara Berbuka Puasa yang Benar dan Sehat

3. Memastikan Memiliki Fitur Lengkap
Tips ketiga yang bisa kamu lakukan untuk memilih sound system adalah memastikan bahwa sound tersebut mempunyai fitur lengkap. Sound system yang mempunyai kualitas bagus mengusung beberapa fitur seperti fitur equalizer, time alignment, dan amplifier. Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa sound system tersebut juga dibekali fitur touch screen. Sehingga akan membuat kamu menjadi lebih mudah untuk menghubungkan telepon milikmu dengan beberapa perangkat lainnya.

4. Mengganti Speaker Bawaan
Tips keempat yang bisa kamu lakukan adalah mengganti speaker bawaan mobil aslinya. Meskipun saat ini sound system pada mobil baru mempunyai kualitas yang canggih, namun ada beberapa jenis sound system yang nggak menghasilkan suara bagus. Ada dua jenis sound system yang bisa direkomendasikan yaitu speaker coaxial dan split. Speaker jenis coaxial mempunyai kelebihan yaitu pemasangannya dan harga terjangkau. Sementara split mempunyai kelebihan suara cukup jernih dan halus. Sehingga membuat pendengar nggak bikin sakit telinga.

BACA JUGA:Agar Rezeki Mengalir Deras dan Semua Hajat Terkabul, Berikut Doa dan Cara Mengamalkannya

4. Mengetes Suara Sound System
Tips kelima yang bisa kamu lakukan adalah melakukan tes sound system sebelum melakukan pembelian. Pastikan suara pada nada bass sesuai di depan piranti dan lihat kualitas suara pada nada tinggi maupun rendah. Supaya sound system pada mobilmu tetap berkualitas, kamu bisa melakukan perawatan secara rutin.

Dengan menjaga kualitas tetap bagus, kamu harus merawatnya dengan tepat. Sehingga sound system pada mobilmu akan bertahan dalam kurun waktu lama dan kualitasnya nggak bakal turun.

Cara Merawat Sound System Lebih Awet
Setelah mengetahui tips memilih sound system pada mobil, berikut ini Blibli Friends akan menjelaskan tentang cara merawatnya supaya kualitasnya tetap terjaga dan awet:

BACA JUGA:Tips Jitu Cara Mengatasi Jerawat Parah di Wajah

1. Mematikan Audio
Cara pertama adalah mematikannya sebelum kamu mematikan mesin mobil. Hal ini dilakukan agar performa audio tetap stabil, sebab saat kamu mulai menghidupkan mobil, audio secara otomatis akan ikut menyala. Hal ini menghasilkan tegangan yang cukup tinggi dan bisa membuat audio mobil mengalami kerusakan saat kamu nyalakan bersamaan.

2. Membersihkan Kotoran di Area Head Unit
Cara kedua adalah dengan rutin membersihkannya dari debu di bagian head unit. Hal ini wajib kamu lakukan supaya debu yang menempel nggak menyebabkan kerusakan untuk fitur audio mobil.

3. Mengatur Bass, Midle, dan Treble
Cara ketiga adalah dengan menjaga kualitas pengaturan equalizer yang sesuai dengan keinginanmu. Apabila kamu nggak mengaturnya dengan baik, akan menghasilkan suara yang nggak nyaman untuk telinga dan perjalanan berkendara. Agar kualitas suara tetap terjaga, jangan mengatur volume terlalu kencang.

BACA JUGA:Pemprov Bengkulu Tetap Fokus Perbaiki Jalan di Lebong

Sebab, bisa membuat kualitas suaranya menjadi berkurang dan bisa membuat komponen audio menjadi mudah rusak. Maka dari itu, atur volume suara sesuai dengan standart agar kualitas audiomu bisa tahan lebih lama.

Jenis Komponen Penting Pada Sound Sistem Mobil
Supaya sound system pada mobilmu bisa menghasilkan suara yang sempurna, yuk kenali beberapa jenis komponennya agar kamu mudah paham:

1. Head Unit
Head unit merupakan sebuah komponen sentral yang cukup penting pada sound sistem mobil. Komponen ini mempunyai bentuk panel control yang berada di dashboard mobil. Head unit mempunyai beberapa fungsi yang terdiri dari sumber audio, pemancar radio, dan pemutar CD. Selain itu, komponen ini juga dapat terhubung dengan HP untuk memutar siaran radio, musik, dan lainnya.

2. Amplifier
Amplifier mempunyai tanggung jawab agar sinyal audio bisa lebih kuat dan mampu mengirim ke speaker agar menghasilkan suara berkualitas tanpa distorsi. Dengan menggunakan komponen ini akan membuat pengguna bisa mengatur tinggi volume supaya tetap presisi.

BACA JUGA:Ini Dia Manfaat Seni Bela Diri Tai Chi Seni untuk Kesehatan

3. Crossover
Crossover memiliki fungsi untuk membagi sinyal yang dihasilkan oleh amplifier. Tetapi, komponen ini cuma digunakan pada sistem yang memiliki sistem 2 way dan juga 3 way. Sementara pada audio mobil nggak memerlukan sistem suara ini.

4. Speaker
Speaker memiliki fungsi untuk mengubah sinyal listrik berubah menjadi suara. Komponen ini terdiri dari beberapa perangkat seperti driver, woofer, tweeter, dan mid range yang berfungsi untuk mengatur suara.

5. Konektor dan Kabel
Komponen yang tak kalah penting lainnya adalah konektor dan kabel. Keduanya memiliki fungsi yang mampu mengantarkan transmisi sinyal audio yang minim gangguan. Sehingga, kamu bisa mendapatkan kualitas suara yang jernih dan lebih baik. Setelah mengetahui penjelasan tentang tips memilih Sound System Mobil dan cara perawatannya, apakah kamu sudah memahaminya? Jika belum memahaminya, kamu bisa membaca artikel ini dengan sebaik-baiknya tanpa harus buru-buru.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: