Pilihan Mobil Manual untuk Wanita dan Pemula

Pilihan Mobil Manual untuk Wanita dan Pemula

Honda Brio juga termasuk salah satu mobil wanita yang banyak dipilih. Untuk jenis mobil manualnya, --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Banyak jenis mobil yang saat ini tersedia di pasaran ya. Di tengah berbagai gempuran teknologi dan fitur yang disematkan pada mobil, mobil manual nyatanya masih memiliki banyak peminat. Apakah kamu salah satu pengguna mobil manual? Atau kamu sedang bingung memilih mobil manual terbaik untuk wanita atau pemula?

Saat memilih mobil manual, pastikan dulu kebutuhanmu seperti ukuran dan jenis perjalanan yang sering ditempuh. Beberapa rekomendasi mobil manual untuk wanita dan pengguna pemula biasanya punya ukuran yang lebih kecil. Sebaiknya perhatikan juga kinerja mesin yang digunakan agar konsumsi bahan bakarnya efisien.

BACA JUGA:Ribut Masalah Uang Rp 1.000, Juru Parkir di Kota Bengkulu Aniaya Pemotor

Jangan lupa melirik kondisi umum mobil seperti kualitas interior, eksterior, tingkat keamanan, hingga fitur-fitur yang menunjang keselamatan dan kenyamanan berkendara ya. Tentunya mobil manual yang dibeli juga harus disesuaikan dengan budget agar nggak jadi beban. Biar lebih yakin, cobalah melakukan test drive atau uji coba berkendara sebelum membelinya.

Tentang Mobil Manual
Mobil manual sendiri adalah sebutan bagi jenis mobil yang mempunyai transmisi manual. Pengemudi perlu melakukan perubahan perbandingan gigi secara manual saat ingin mengubah kecepatan atau torsi mesin, serta menggunakan kopling untuk memisahkan mesin dari transmisinya saat ingin mengganti gigi tersebut.

Meskipun perlu keahlian atau keterampilan khusus bagi pengemudi mobil manual, jenis mobil ini nggak pernah sepi peminat karena berbagai keunggulan yang dimilikinya. Pengendara dapat memiliki lebih banyak kendali jika kendaraannya menggunakan transmisi manual, termasuk jika dikemudikan oleh wanita yang menguasai teknik tersebut. Pastinya kepercayaan diri saat berkendara juga lebih tinggi, ya.

BACA JUGA:Amalan Saat Jeda Sholat Tarawih, Ustadz Adi Hidayat Anjurkan Doa Ini

Secara umum, mobil manual juga lebih hemat bahan bakar jika dibandingkan dengan mobil matic atau transmisi otomatis. Mobil bertransmisi manual juga cocok dipakai pada beragam kondisi jalan dan medan yang ditempuh karena lebih fleksibel. Meskipun begitu, sangat penting memilih mobil berdasarkan preferensi personal, termasuk untuk wanita ya.

Rekomendasi Mobil Manual untuk Wanita
Jika kamu mencari mobil manual sebagai mobil pertama atau sebagai pemula, tentu ada beberapa hal yang perlu jadi pertimbangan saat memilih kendaraan jenis ini, antara lain visibilitas, style, serta keamanannya. Visibilitas menjadi penentu kenyamananmu saat berkendara. Ini bisa dibuktikan dengan melakukan uji coba saat akan melakukan pembelian.

Beberapa wanita biasanya juga memikirkan style kendaraannya agar lebih percaya diri saat berkendara, termasuk untuk mobil manual. Fitur penunjang keamanan dan keselamatan dalam berkendara juga penting guna menghindari cedera saat terjadi kecelakaan. Kalau bingung pilih mobil manual dari merek apa, berikut beberapa rekomendasi mobil manual untuk wanita dan pemula terbaik di kelasnya:

BACA JUGA:Ini Dia Deretan Mobil untuk Anak Muda yang Banyak Digandrungi!

1. Daihatsu Ayla
Daihatsu Ayla menjadi mobil manual yang banyak direkomendasikan untuk wanita maupun pengguna pemula nih. Mobil keluaran Daihatsu ini bahkan masuk ke dalam jajaran mobil terlaris brand Daihatsu bersama Gran Max dan Sigra. Sejak awal kemunculannya di dunia otomotif, Daihatsu Ayla memang menyasar para “first car owner”.

Bodi yang ringkas serta mesin berkapasitas 1.000 cc dan 1.200 cc membuat Daihatsu Ayla sangat cocok dipakai untuk kebutuhan sehari-hari di wilayah perkotaan. Soal kenyamanan, Ayla juga sudah dibekali dengan fitur-fitur dasar seperti AC, power steering, serta head unit 1 DN. Dibanderol mulai dari harga Rp106,7 juta, apakah kamu tertarik dengan Daihatsu Ayla.

2. Daihatsu Xenia
Masih dari brand Daihatsu, nama Daihatsu Xenia tipe 1.3 M MT dan tipe 1.3 X MT juga cukup populer sebagai mobil manual pertama sekaligus mobil yang mudah dioperasikan, termasuk oleh wanita. Fitur mumpuni dan unggul seperti head unit layar 7 inci, Long Sofa Mode di baris kedua dan ketiga, AC double blower, AC digital, card holder, bahkan sensor parkir sudah disematkan pada mobil manual ini.

Daihatsu Xenia menggunakan mesin 1NR-VE dengan tenaga puncak 97,9 dk di setiap 6.000 rpm serta torsi maksimum mencapai 121 Nm pada putaran 4.200 rpm. Meskipun cukup kencang, berbagai fitur keamanan dan keselamatan juga sudah tersedia di Daihatsu Xenia seperti rem ABS dan EBD serta dual airbags pada varian 1.3 X MT. Siapkan budget Rp190,9 juta sampai Rp193,9 juta jika kamu berminat, ya.

BACA JUGA:Jenis Recruitment BRI 2024/2025 dan Cara Mendaftarnya

3. Honda Brio Satya
Honda Brio juga termasuk salah satu mobil wanita yang banyak dipilih. Untuk jenis mobil manualnya, Brio punya varian Honda Brio Satya varian S MT, E MT, dan RS MT yang pastinya patut dipertimbangkan. Mobil dengan transmisi manual dari Honda ini termasuk ke dalam tipe body hatchback dengan dimensi 3.800 mm x 1.680 mm x 1.485 mm.

Brand Honda juga sudah menyematkan airbag, Active Emergency Braking System, Anti-lock Braking System, Electronic Brake-force Distribution, security alert dan Immobilizer sebagai penyokong keamanan Honda Brio. Dengan fitur yang cukup lengkap, Honda Brio hanya dibanderol dengan harga mulai dari Rp156,9 juta saja, lho.

4. Suzuki Karimun Wagon R
Punya daya tarik tersendiri menjadi keunggulan utama dari mobil manual Suzuki Karimun Wagon R. Ada tiga tipe yang bisa kamu pilih saat membeli Karimun Wagon R, antara lain tipe GL, GX, serta GS. Mobil yang punya harga mulai dari Rp135,5 juta ini memang punya model yang stylish dan sangat berbeda dengan para kompetitornya di pasaran.

Suzuki Karimun Wagon R sudah dilengkapi dengan Auto Gear Shift atau AGS yang menggabungkan dua sistem transmisi menjadi satu lho. Kemudahan dan kepraktisan dalam berkendara inilah yang menjadikan Suzuki Karimun Wagon R cocok dipilih untuk mobil wanita hingga pengendara pemula sekalipun. Apa lagi perawatannya juga cukup mudah karena Suzuki memang dikenal dengan mesin yang awet sekaligus bandel.

BACA JUGA:Dari Berbagai Doa Buka Puasa, Mana yang Paling Dianjurkan? Ini Kata Ustaz Adi Hidayat

5. Toyota Agya
Rekomendasi terakhir untuk mobil manual wanita dan pemula datang dari Toyota Agya nih. Mobil dengan transmisi manual ini punya tampilan sporty yang compact dengan fitur-fitur unggulan. City car dengan rangka yang kokoh berfitur suspensi Macpherson Strut pada bagian depan dan Semi Independent Torsion untuk bagian belakangnya juga menjadi ciri khas Agya.

Agya sudah dilengkapi dengan head unit layar sentuh sebagai Advance Entertainment. Kamu dapat memutar Radio AM/FM, CD, menggunakan kontrol suara yang sudah didukung Bluetooth dan soket USB. Pada bagian setir kemudi, Toyota Agya sudah memiliki fitur Audio Steering Switch yang canggih. Untuk membawa pulang mobil Toyota Agya, kamu perlu menyiapkan dana sekitar Rp159,7 jutaan saja.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: