Indahnya Taman Laut Olele, Habitat Terumbu Karang Salvador Dali di Gorontalo

Indahnya Taman Laut Olele, Habitat Terumbu Karang Salvador Dali di Gorontalo

Spot yang paling diminati para wisatawan karena banyak ditumbuhi karang laut yang cantik -akun Instagram @ibeth__elz-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu destinasi yang menjadi incaran saat bertandang ke Gorontalo adalah Taman Laut Olele.

Taman Laut Olele merupakan destinasi wisata bahari yang paling banyak diminati oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Taman Laut Olele ini memiliki pantai berpasir putih dan air laut yang berwarna biru jernih. Selain itu, perairan di sekitar Taman Laut Olele memiliki terumbu karang yang masih terjaga dengan baik dan banyak ditinggali oleh biota laut  yang beragam. 

Taman Laut Olele berada di kawasan di Pantai Olele, tepatnya di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo

Daya tarik yang dimiliki Taman Laut Olele adalah ada beberapa spot diving dengan keindahan masing-masing. Spot diving yang bisa dijelajahi diantaranya ada Jinn Cave Traffic Jam, Muck Dive, dan Honeycomb. Spot Jinn Cave yang menjadi favorit para penyelam.

Di spot Jinn Cave, terdapat aneka terumbu karang indah dengan ratusan spesies ikan berwarna-warni. Spot ini dinamai Jinn Cave alias Goa Jin karena terdapat terumbu karang yang berbentuk goa dengan kedalaman mencapai 22 meter.

BACA JUGA:Nikmati Segarnya Bermain Air di Air Terjun Lacolla Sulawesi Selatan

Selain Jinn Cave, para penyelam juga menggemari spot Traffic Jam, karena ada banyak terumbu karang indah. Dinamakan traffic jam karena siapapun yang menyaksikan gugusan terumbu karang disana pasti akan berhenti sejenak saking terpesonanya.

Selain itu keunikan Taman Laut Olele terdapat pada  spesies terumbu karang endemik yang hanya ada di Gorontalo. 

Karang endemik yang dimiliki Taman Laut Olele bernama Salvador Dali atau Petrosia lignosa. Karang ini adalah jenis bunga karang raksasa yang hanya dapat ditemukan di perairan selatan Gorontalo.


Panorama bawah laut Olele yang di huini oleh ikan berwarna-warni-Akun Instagram @andikaaaaaaaaaa-

Bunga karang ini merupakan salah satu jenis spesies spons yang memiliki nama latin Petrosia lignosa. Karang Salvador Dali ditemukan pertama kali tahun 1920 di Teluk Gorontalo.

Diberi nama Salvador Dali, karena bentuk ukiran kulit luar dari bunga karang ini menyerupai rongga dan mirip lukisan dari Pelukis asal Spanyol beraliran surealis, Salvador Dali.

Ada 2 cara yang bisa wisatawan pilih untuk menikmati keindahan bawah laut yang dimiliki Taman Laut Olele, yakni dengan glass bottom boat dan snorkeling atau diving.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: