Nikmati Tengkleng Gajah, Sup Kambing dengan Porsi Jumbo Hanya di Jogja

Nikmati Tengkleng Gajah, Sup Kambing dengan Porsi Jumbo Hanya di Jogja

Sup tengkleng gajah-Sumber : Akun Instagram @tengklenggajahofficial-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Makanan porsi banyak menjadi daya tarik sebagian masyarakat untuk mencobanya. Salah satunya Tengkleng Gajah dengan porsi jumbo seperti gajah. Nah kamu wajib untuk mencoba kuliner istimewa di kota Yogyakarta ini. 

Tengkleng merupakan sejenis sup dengan tulang kambing sebagai bahan utama. Konon zaman dahulu hidangan kambing hanya boleh dinikmati oleh orang-orang Belanda dan para bangsawan saja.  Hingga hanya menyisakan bagian tulang, kepala, dan kaki kambing yang tersisa.

Tetapi para juru masak dan pekerja pada waktu itu tidak kehilangan akal dan memasak sisa-sisa tulang kambing tersebut yang saat ini dikenal dengan nama tengkleng.

Terletak di Jl. Kaliurang Jl. Gantalan No.Km.9,3 Gantalan Minomartani Kec. Ngaglik Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Buka dari jam 10.00-21.00 WIB. Meskipun tidak berada di pusat kota, akan tetapi tempat ini selalu ramai pengunjung. 

BACA JUGA:7 Rekomendasi Kedai Es Krim Terenak di Jogja Terbaru

Warung ini mempunyai konsep yang terbuka, jadi saat Anda sudah memasuki warung makan Anda akan langsung melihat suasana dapur yang terbuka dan membuat Anda dapat menikmati proses memasak tengkleng secara langsung. Selain itu, tempat ini dapat memuat lebih banyak pengunjung karena menggunakan konsep barisan meja yang panjang.

Saat dihidangkan, Anda dapat mencium aroma wangi masakan yang cukup tajam dengan kepulan uap panas yang masih ada serta daging yang cukup besar masih menempel pada tulang. Kuahnya pun cukup  kental dengan cita rasa khas yang tidak terlalu tajam, dengan paduan irisan cabai serta sayuran dapat memberikan kenikmatan lebih saat menyantap hidangan ini.

Lalu bagaimana dengan tengkleng dengan cita rasa gajah? Makanan ini masih merupakan hidangan daging kambing akan tetapi dengan porsi yang sangat besar, hingga disebut sebagai tengkleng gajah jogja.  Secara visual tengkleng mirip dengan gulai kambing, bedanya  hanya pada kuah yang lebih encer.

BACA JUGA:Mengenal Pendap Kuliner Gurih Khas Bengkulu, Begini Cara Membuatnya

Untuk para pecinta olahan kambing, tempat ini syurganya. Bagaimana tidak? porsi yang besar, rasa yang nikmat dan yang lebih sempurna adalah harganya yang murah dijamin bikin kamu ketagihan.

Dilansir dari Laman visitingjogja.com Pada awal berdiri namanya adalah warung sate kambing Sari Roso Mulyo, belum terkenal dengan nama seperti sekarang. Berdiri sejak tahun 2006, tempat ini memang spesialis mengolah daging kambing dengan anaka menu. Berubah menjadi nama sejak menjual tengkleng dengan porsi jumbo. Sehingga dari mulut ke mulut dikenal sebagai tengkleng gajah.

Selain porsinya yang sudah diragukan lagi, kuliner yang satu ini tidak akan membuat kamu kecewa dengan rasanya. Hal ini karena proses pengolahan bumbu yang memakan waktu hampir 4 jam untuk mengolah daging, jerohan dan tulang kambing hingga menjadi hidangan yang istimewa.

Kamu bisa mengambil nasi sepuasnya, jadi mau sebanyak apa atau nambah berkali-kali pun juga tidak masalah. Asal jangan sampai terlalu kenyang dan membuat kamu susah berjalan.

Konsep open kitchen, membuat kamu bisa melihat langsung bagaimana seporsi tengkleng yang kmau pesan bisa terproses. Semua hidangan disajikan panas hingga semakin menggugah selera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: