Agar Tak Kambuh, Ini Cara Sehat Mengatasi Sakit Maag

Agar Tak Kambuh, Ini Cara Sehat Mengatasi Sakit Maag

Kalau dibiarkan, penyakit maag dapat berbahaya karena penyakit ini merupakan gejala adanya gangguan lambung yang perlu diobati. -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Selain faktor pola hidup, maag juga dapat disebabkan oleh pikiran stres dan tertekan. Maka itu, atasi maag dengan mengelola stres antara lain mengikuti kelas meditasi maupun konseling. Jika tak kunjung sembuh, Anda biasanya akan disarankan juga melakukan psikoterapi. 

4. Cukup Istirahat

Cara mengobati sakit maag yang tak boleh diabaikan selanjutnya adalah dengan istirahat yang cukup. Jika sakit maag yang Anda derita masih dalam kategori ringan, memastikan tubuh Anda mendapatkan istirahat yang cukup bisa menjadi solusinya. Tidur setidaknya selama 7-8 jam setiap malam untuk meredakan sakit dan gejala maag ringan. 

5. Konsumsi Makanan dan Minuman Fermentasi

Memilih makanan yang baik untuk pencernaan dapat mengoptimalkan cara mengobati maag Anda. Cobalah untuk mengonsumsi makanan dan minuman fermentasi, contohnya yogurt. 

Makanan dan minuman fermentasi mengandung bakteri baik yang bermanfaat untuk membantu dan melancarkan pencernaan makanan, sehingga dapat meringankan gejala sakit maag. 

Apabila Anda tidak kunjung sembuh selama 2 minggu, bahkan setelah menerapkan cara mengatasi sakit maag di atas, bisa jadi kondisi maag Anda merupakan pertanda adanya komplikasi serius.

Jika Anda mulai merasakan nyeri di bagian ulu hati dan mual saat makan yang semakin parah, segera periksakan diri ke dokter terdekat agar mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan penyebabnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: mengatasi maag