Agar Tak Kambuh, Ini Cara Sehat Mengatasi Sakit Maag

Agar Tak Kambuh, Ini Cara Sehat Mengatasi Sakit Maag

Kalau dibiarkan, penyakit maag dapat berbahaya karena penyakit ini merupakan gejala adanya gangguan lambung yang perlu diobati. -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kalau dibiarkan, penyakit maag dapat berbahaya karena penyakit ini merupakan gejala adanya gangguan lambung yang perlu diobati. 

Berikut sejumlah solusi sehat cara mengatasi sakit maag yang bisa Anda terapkan.

5 Cara Mengatasi Sakit Maag yang Sehat

Cara mengatasi maag kambuh bisa dimulai dengan hal-hal sederhana seperti mengatur pola makan, mengubah kebiasan buruk, mengelola stres, istirahat yang cukup, hingga mengonsumsi makanan dan minuman fermentasi.

1. Atur Pola Makan Sehat

Cara mengatasi sakit maag yang paling penting adalah mengatur pola makan sehat. Porsi makan sedikit tapi sering merupakan pola yang dianjurkan bagi mereka yang sering mengalami sakit maag.

BACA JUGA:Menderita Asam Lambung? Ini Buah yang Baik Dikonsumsi

Selain itu, penderita maag dianjurkan untuk tidak langsung berbaring setelah makan (tunggu setidaknya 2-3 jam) serta menghindari makanan yang terlalu pedas, terlalu asam, minuman bersoda, kafein, minuman alkohol dan lainnya yang dapat memicu penyakit maag. 

Sebagai gantinya, Anda dapat memilih asupan makanan yang lebih sehat seperti mengonsumsi makanan protein tinggi (contoh: ikan, telur organik, kacang-kacangan, dan biji-bijian), serta membatasi minuman dengan kadar gula berlebih. 

2. Ubah Kebiasaan Buruk

Jika selama ini Anda memiliki kebiasaan buruk seperti merokok, tidak aktif gerak, langsung berolahraga setelah makan, dan mengenakan pakaian ketat yang menekan lambung, segera ubah kebiasaan ini. 

Kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut jika dilakukan secara rutin dapat memicu sakit maag, bahkan membuatnya semakin parah. 

BACA JUGA:Amankah Menggunakan Alkohol untuk Membersihkan Wajah?

3. Kelola Stres

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: mengatasi maag