Pompa Bensin Mobil Injeksi Bermasalah, Begini Cara Mengatasinya

Pompa Bensin Mobil Injeksi Bermasalah, Begini Cara Mengatasinya

Ilustrasi mengecek pompa bensi mobil-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Muncul bau bensin yang menyengat juga dapat menjadi salah satu tanda bahwa bagian pompa bensin mengalami masalah. 

Hal ini terjadi karena efek pembakaran yang kurang sempurna di ruang bahan bakar, akibat dari ketidaksesuaian jumlah bahan bakar yang telah disalurkan oleh fuel pump dengan waktu pembakaran itu sendiri.

Cara Memperbaiki Pompa Bensin yang Rusak

Cara memperbaiki pompa bensin mobil injeksi juga bisa dilakukan ketika Anda menemukan pasokan bahan bakar rendah. Saat mobil dalam kondisi mati, lepas kunci selang yang menghubungkan fuel dan injektor. 

Kemudian hubungkan fuel pump pressure gauge dan susun secara seri atau dibolak balik. Jika sudah terpasang coba hidupkan mesin.

BACA JUGA:Cara Kerja Sistem Pelumasan Pada Kendaraan, Pengendara Perlu Tahu

BACA JUGA:Jangan Salah, Ini Perbedaan Oli Gardan dengan Oli Transmisi

Lihat pada bagian tekanan standby dan perhatikan angka yang tertera. Apabila jarum berada di angka standar maka fuel pump berarti tidak mengalami masalah. 

Jika jarum bergetar kisaran 2 hingga 3 kpa, maka dapat dikatakan pompa bensin dalam keadaan aman. Namun, bila pergerakan menunjukkan 100 atau 200 kpa, berarti pompa bensin butuh untuk diperiksa.

Untuk mengatasi ini Anda sebaiknya membawa kendaraan ke bengkel terdekat agar tidak menimbulkan kerusakan lebih lanjut. 

Apabila kendaraan Anda terlanjur mengalami kerusakan pada komponen tersebut, maka cara memperbaiki pompa bensin mobil injeksi adalah dengan mengganti satu set paket pompa yang baru.

Setelah penggantian satu set paket pompa yang berisikan motor pompa, fuel level gauge, saringan, dan IC control. Maka kendaraan Anda akan mendapatkan performanya kembali seperti semula. 

BACA JUGA:Oli Bercampur Air, Ini Penyebab Oli Mesin Bisa Tercampur dengan Air Radiator

BACA JUGA:Ketahui, Ini Penyebab dan Solusi Persneling Motor Keras

Tak hanya menjaga komponen pompa bensin saja, pemberian bahan bakar yang berkualitas juga bisa berdampak pada performa mesin kendaraan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: