Penting, Inilah Komponen Tangki Bahan Bakar Mobil yang Perlu Diketahui

Penting, Inilah Komponen Tangki Bahan Bakar Mobil yang Perlu Diketahui

Penting, inilah komponen tangki BBM yang perlu diketahui -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sebagai komponen utama dari mobil, yang berfungsi menampung bahan bakar, tangki bensin merupakan salah satu komponen terpenting yang tidak boleh luput dari perawatan. 

Oleh sebab itu, pengendara setidaknya harus tahu sejumlah komponen tangki bahan bakar mobil sebelum mengeceknya. 

Komponen Tangki Bahan Bakar Mobil

Sebagai penampung bahan bakar, tangki bensin tidak hanya berbentuk tabung selayaknya botol atau ember.

Di dalam tangki, bahan bakar akan diolah agar bisa bekerja secara efisien ketika menyalurkan energi ke mesin. Setidaknya ada 13 komponen tangki bahan bakar mobil, sebagai berikut :

1. Tutup Tangki

Salah satu komponen utama tangki bahan bakar mobil ada tutup tangki bensin. Dikenal dengan fuel cap, bagian ini berfungsi sebagai penutup lubang sekaligus mulut tangki bensin. Di dalamnya terdapat karet untuk memastikan tutup menutup sempurna.

BACA JUGA:Menarik, Sejak 1970 Silam Daihatsu Ternyata Sudah Kembangkan Mobil Listrik  

Agar tutup tangki bensin tetap bersih dan terawat, bersihkan mulut tutup tangki dengan sikat halus atau lap yang sudah dibasahi dengan air dan sabun. Apabila tutup tangki berkarat atau pampat, kamu bisa menyemprotkan cairan penetral anti karat. 

2. Selang Bensin 

Selang bensin (fuel inlet hose) adalah selang yang terbuat dari karet khusus yang resisten terhadap reaksi bahan kimia, termasuk reaksi bahan bakar. Fungsinya, menghubungkan mulut tangki bensin dengan ruang tangki. 

Meski tidak ada perawatan khusus untuk komponen tangki bahan bakar mobil ini selang bensin memiliki usia pakai. Semakin lama digunakan, maka struktur karet semakin tidak elastis sehingga berpotensi mengalami kebocoran.

3. Katup Selang Bensin 

Pada mobil rilisan terbaru, beberapa tangki bensin sudah dilengkapi dengan katup satu arah (one-way valve). Komponen tangki bahan bakar mobil ini berfungsi untuk menghalangi cairan bahan bakar yang ada di dalam bensin mengalir keluar ke arah mulut tangki bensin ketika mobil mengalami guncangan atau dalam posisi tidak seimbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: