Pompa Bensin Mobil Injeksi Bermasalah, Begini Cara Mengatasinya

Pompa Bensin Mobil Injeksi Bermasalah, Begini Cara Mengatasinya

Ilustrasi mengecek pompa bensi mobil-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pompa bensin (fuel pump) yang bermasalah bisa menyebabkan mesin mogok ataupun mati tiba-tiba. 

Karena itu, banyak pemilik mobil yang bertanya bagaimana cara mendeteksi ketika fuel pump bermasalah, pasalnya keberadaan dari alat tersebut tidak terhubung dengan indikator check engine.  

Meski masalah pada fuel pump sedikit sulit untuk diidentifikasi, karena semua lampu indikator pada dashboard mobil tidak akan menunjukkan tandanya. 

Bukan berarti hal yang tidak mungkin untuk mendeteksinya, ada baiknya Anda mulai mengenali tanda tandanya agar lebih nyaman dan aman selama berkendara.

BACA JUGA:Bisa Lakukan Sendiri, Begini Cara Cek Koil Mobil Injeksi

BACA JUGA:Lampu Indikator Injeksi Mobil Menyala Terus, Coba Cek Komponen Ini

Tanda Pompa Bensin Mengalami Masalah

Tanda pertama yang bisa Anda deteksi ketika pompa bensin bermasalah yaitu mesin tersendat, kemudian mati total. Hal ini biasa terjadi saat tingkat putaran mesin tinggi dan fuel pump tersumbat kotoran. 

Jadi, asupan bahan bakar menjadi tersendat atau bahkan mati, dan membuat mesin mobil tidak bisa dihidupkan. Tanda tersebut disebabkan oleh fuel pump yang tersumbat endapan kotoran dari tangki bahan bakar. 

Jadi salah satu cara memperbaiki pompa bensin mobil injeksi yang bermasalah, bisa dilakukan dengan membersihkan bagian pompa bensin tersebut dari berbagai kotoran yang mengendap di dalamnya.

Namun bukan hanya kotoran saja, mesin mobil yang sulit untuk dihidupkan juga bisa disebabkan oleh keadaan spring yang lemah. 

BACA JUGA:Apa Saja Komponen Sistem Pelumasan Kendaraan? Ini Penjelasannya

BACA JUGA:Ayo Memahami Pengertian Sistem Pelumasan Pada Kendaraan

Lemahnya spring membuat bahan bakar yang masuk pada ruang pembakaran menjadi terlambat, sehingga mesin harus menunggu lebih lama daripada biasanya untuk aktif ketika mobil telah  di-starter. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: