Ketahui, Ini Penyebab dan Solusi Persneling Motor Keras

Ketahui, Ini Penyebab dan Solusi Persneling Motor Keras

Ilustrasi komponen persneling motor-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Persneling motor yang keras dapat memberikan banyak dampak negatif bagi kenyamanan dan kinerja berkendara Anda. 

Jika persneling motor keras, maka proses perpindahan gigi menjadi sulit atau bahkan tidak bisa berfungsi. Karena itu, ketahui apa saja penyebab dan solusi untuk mengatasi masalah tuas persneling yang terasa keras saat dioperasikan.

Dampak yang Timbul Jika Persneling Motor Keras

Selain mengganggu kenyamanan dan kinerja berkendara, persneling motor yang keras ternyata juga dapat merusak beberapa komponen dalam sistem transmisi motor. Berikut ini beberapa dampak negatif yang mungkin timbul:

1. Mempersulit Proses Perpindahan Gigi

Salah satu dampak yang paling terasa adalah kesulitan dalam mengganti gigi persneling. Kalaupun bisa, Anda perlu lebih banyak usaha dan tekanan pada tuasnya untuk memindahkan persneling ke gigi yang diinginkan.

BACA JUGA:Modal Bumbu Dapur Seribuan, Efektif Cegah Mesin Panas

2. Mengurangi Kenyamanan Berkendara

Karena terasa keras ketika ditekan, otomatis pengendara akan merasa kurang nyaman. Selain itu, biasanya akan timbul getaran atau guncangan yang terasa mengganggu saat proses mengganti persneling.

3. Merusak Komponen Transmisi

Jika tidak segera diatasi, persneling yang keras dapat merusak komponen transmisi. Sebab, gesekan yang berlebihan dan tekanan pada komponen terkait bisa mengakibatkan ausnya bagian transmisi seperti gigi, shift fork, dan bearing. 

Penyebab Persneling Motor Terasa Keras

BACA JUGA:Sering Ganti Merek Oli, Ini Dampaknya Bagi Mesin

Lalu, sebenarnya apa penyebab persneling motor keras ketika dioperasikan? Agar bisa mengidentifikasi solusi untuk mengatasi masalah tersebut, pertama-tama ketahui apa saja faktor penyebabnya berikut ini :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: