Jangan Salah, Ini Fakta Kanker yang Sering Keliru

Jangan Salah, Ini Fakta Kanker yang Sering Keliru

Ilustrasi penyakit kanker-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Penyakit kanker dikenal sebagai penyakit kronis mematikan, yang sulit disembuhkan. Tak jarang, seseorang yang divonis sakit kanker menganggap penyakit ini merupakan akhir dari hidup. Padahal, fakta kanker yang sebenarnya adalah penderita kanker memiliki harapan besar untuk sembuh dan beraktivitas seperti biasa.

Lalu, apa itu penyakit kanker? Kanker adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan pertumbuhan sel-sel yang tidak terkendali dan tidak normal. Sel-sel ini dapat menyerang jaringan tubuh, organ, serta fungsi tubuh.

Di tengah banyaknya mitos dan fakta kanker yang beredar di masyarakat, informasi yang akurat akan sangat membantu penderita kanker memahami lebih baik tentang penyakit yang dideritanya. Sehingga proses pengobatan, efek samping yang terjadi, serta harapan hidup dalam menghadapi kanker dapat diketahui dan dijalani dengan baik.

BACA JUGA:Mata Merah? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Fakta Kanker yang Sering Disalahpahami

1. Kanker Selalu Diturunkan dari Keluarga

Faktanya, tidak semua jenis kanker adalah penyakit yang diturunkan atau punya riwayat keluarga. Penyebab penyakit kanker serviks atau kanker mulut rahim pada wanita misalnya, merupakan jenis kanker yang terjadi karena infeksi Human papillomavirus (HPV) di mana, penularan ini dapat terjadi karena faktor gaya hidup.

Selain faktor gaya hidup, penyebab kanker bisa beragam, termasuk faktor genetik, paparan zat karsinogenik, infeksi, dan faktor lingkungan.

BACA JUGA:Jaga Mata Tetap Sehat, Hindari 7 Kebiasaan Ini

2. Pengobatan Kanker Lebih Sakit dari Penyakitnya

Faktanya, setiap pengobatan memiliki efek samping tersendiri, termasuk dari penanganan penyakit kanker. Kemoterapi dan terapi radiasi juga memiliki efek samping seperti nyeri, badan lemas dan sebagainya. Meski demikian, rasa nyeri yang diakibatkan dari pengobatan kanker pasti terasa lebih ringan jika dibandingkan dengan penyakit kanker yang tidak diobati.

3. Kanker Bisa Menular

Faktanya, kanker adalah penyakit yang tidak menular sama sekali. Namun, meskipun kanker serviks tidak menular, virus HPV sebagai penyebab kanker serviks dapat menular ke orang lain melalui aktivitas seksual. 

BACA JUGA:Buta Warna? Ini Penyebab, Gejala Dan Jenisnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: