Waspada Aksi Kejahatan di Festival Tabut Bengkulu

Waspada Aksi Kejahatan di Festival Tabut Bengkulu

Suasana malam di Festival Tabut tahun 2023 di Kota Bengkulu-(foto: tri yulianti/bengkulekspress.disway.id)--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pengunjung Festival Tabut tahun 2023,  wajib berhati-hati saat mengunjungi area Festival Tabut, kususnya ketika malam hari.

Festival tabut yang diselenggarakan setiap tahunnya di Provinsi Bengkulu ini memang sudah di nanti-nanti oleh masyarakat Bengkulu. 

Selain mengangkat budaya Bengkulu, festival tabut Bengkulu ini juga membangkitkan roda perekonomian masyarakat lewat bazar yang di gelar selama festival tabut berlangsung.

Namu disisi lain, keramaian yang ditimbulkan dari festival tabut ini tentu mengundang aksi tindak kejahatan. Seperti pencurian ataupun pencopetan.

Atas hal ini, Kapolresta Bengkulu Kombes Pol Aris Sulistyono melalui Kabag Ops Polresta Bengkulu Kompol Tito memberikan himbauan pada masyarakat untuk menjaga barang bawaannya saat mengunjungi festival tabut yang berada di Lapangan Merdeka, Kota Bengkulu.

BACA JUGA:Pelanggaran Lalu-lintas di Kota Bengkulu Meningkat, Ribuan Surat Tilang Melayang

"Setiap harinya itu capai 10 ribu pengunjung, sehingga dengan ramainya pengunjung itu kita himbau agar masyarakat dapat menjaga barang bawaannya. Seperti menyandang tas yang dihadapkan kearah depan. Hal ini bisa mengurangi resiko aksi pencurian atau pencopetan," ujar Kompol Tito, Rabu (26/7/2023)

Sejauh ini sambung Kabag Ops Polresta Bengkulu, festival tabut yang berlangsung sejak 18 Juli 2023 kemarin berjalan aman dan lancar.

Tetapi puncak dari festival tabut 2023 ini sendiri ada pada event telong-telong dan tabut bersanding yang akan diselenggarakan pada 26-27 Juli 2023.

"Sejauh ini aman, belum ada laporan kehilangan ya atau korban kejahatan. Meski demikian, kita tetap harus selalu waspada. Selain itu penjagaan kita juga selalu siap dengan menerjunkan personil di setiap titik," pungkasnya 

Tak hanya itu, ia juga meminta agar tidak ada aksi-aksi pungutan liar (Pungli) yang meresahkan masyarakat saat pelaksanaan festival tabut berlangsung. Terutama hal-hal yang berkaitan terkait  parkir.

Pihaknya meminta agar pihak penjaga parkir benar-benar menjaga kendaraan masyarakat dan jangan sampai ada yang hilang.

BACA JUGA:Hasil Ops Nala! Polres Bengkulu Tahan dan Tilang Ratusan Kendaraan

"Untuk parkir, kita minta agar tertib dan benar-benar dijaga kendaraan yang dititipkan itu. Lalu masyarakat juga harus hafal dimana ia memarkirkan motornya dan bila perlu tambahkan pula kunci pengaman," tutup Kompol Tito.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: