Pelanggaran Lalu-lintas di Kota Bengkulu Meningkat, Ribuan Surat Tilang Melayang

Pelanggaran Lalu-lintas di Kota Bengkulu Meningkat, Ribuan Surat Tilang Melayang

Anggota Satlantas Polresta Bengkulu saat mengamankan kendaraan tanpa surat-menyurat-(foto: tri yulianti/bengkulekspress.disway.id)--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dari hasil Ops Patuh Nala yang dilakukan selama dua Minggu terakhir sejak 10-24 Juli 2023, Polda Bengkulu serta jajaran telah melayangkan ribuan surat tilang ke pada pengendara baik motor maupun mobil.

Surat tilang itu diberikan pada para pengendara yang telah melanggar peraturan lalu lintas. 

Disampaikan Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Pol Anuardi, selama gelaran Ops patuh nala pihaknya telah mengeluarkan sebanyak 2812 lembar surat tilang.

Jumlah surat tilang yang dikeluarkan ini meningkat dari tahun 2022 lalu yang hanya 113 lembar.

Sedangkan, untuk teguran yang diberikan  menurun dari 3.638 teguran menjadi 2.368 teguran.

BACA JUGA:Hasil Ops Nala! Polres Bengkulu Tahan dan Tilang Ratusan Kendaraan

"Penindakan ini kita lakukan menggunakan ETLE Statis. Dimana tercatat 995 pelanggaran sedangkan tahun 2022 tercatat 89 pelanggaran untuk persentasenya naik menjadi 24 persen. Kalau untuk ETLE MOBILE tahun ini tercatat 1345 pelanggaran sedangkan tahun 2022 hanya 24 pelanggaran," kata Kombes Pol Anuardi, Rabu (26/7/2023).

Kabid Humas Polda Bengkulu ini juga menambahkan, untuk data laka lantas juga mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya sebesar 7 persen atau 30 kasus selama Ops Patuh Nala berlangsung.

Diantaranya meninggal dunia sebanyak 3 orang, luka berat 20 orang, dan luka ringan sebanyak 22 orang.

Sedangkan  UNTUK kerugian materil tahun juga mengalami kenaikan sebesar 36 persen dengan total kerugian Rp. 36.650.000. 

"Semuanya mengalami kenaikan ya baik dari MD, luka ringan maupun luka berat. Selain itu kerugian material yang dialami atas peristiwa laka lantas juga meningkat," tutup Kombes Pol Anuardi.

Atas peningkatan ini, pihaknya menghimbau agar masyarakat terus taat akan peraturan lalu lintas, serta akan berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas sehingga dapat menekan angka laka lantas. (Tri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: