Ini Dia Aplikasi Super Finansial Paling Populer di Asia, Satu Berasal Dari Indonesia!

Ini Dia Aplikasi Super Finansial Paling Populer di Asia, Satu Berasal Dari Indonesia!

Seiring dengan tingginya animo masyarakat, aplikasi keuangan telah mendapatkan popularitas dalam beberapa tahun terakhir karena kenyamanan dan desainnya yang ramah pengguna-Bengkulu Ekspress-Istimewa

Gojek adalah aplikasi super keuangan dari Indonesia yang menawarkan berbagai layanan, termasuk layanan ride-hailing, pesan-antar makanan, dan on-demand.

Platform yang didirikan oleh Nadiem Makarim ini, juga memungkinkan pengguna melakukan pembayaran, mentransfer uang, dan memanfaatkan ekosistem layanan keuangan bersama di seluruh vertikal. Gojek telah menjadi salah satu aplikasi super keuangan paling populer di Indonesia, ekonomi terbesar di Asia Tenggara berdasarkan ukuran, dengan lebih dari 150 juta pengguna pada 2021. Dengan lebih dari 20 layanan di bawah sabuk aplikasi supernya, Gojek bernilai US$10 miliar saat ini.

BACA JUGA:Ini Dia Bisnis Online yang Menjanjikan di Tahun 2023, Dijamin Kamu Jadi Jutawan

Awalnya dimulai sebagai layanan ride-hailing, Gojek semakin muncul sebagai aplikasi super keuangan populer di Indonesia dan di bagian lain Asia Tenggara ketika mulai memperkenalkan fitur inklusi keuangan yang dapat diakses oleh individu dan usaha kecil-menengah (UKM), termasuk kredit mikro, pinjaman P2P, dan strategi pembayaran cerdas yang memahami kebutuhan pasar lokal.

Selain menawarkan kepada pengguna kemampuan untuk melakukan pembayaran dan mengelola keuangan mereka, Gojek juga memungkinkan pengguna untuk memesan berbagai layanan, seperti tumpangan, pengiriman makanan, dan pembersihan rumah. Dengan semakin berkembangnya kebutuhan masyarakat, Gojek sekarang juga menawarkan akses pengguna ke layanan keuangan tambahan, termasuk produk asuransi dan investasi.

Grab (Singapura)

Grab semakin menjadi aplikasi super keuangan yang dominan di kawasan ini. Berkantor pusat di Singapura dan menawarkan layanan yang serupa dengan Gojek termasuk transportasi online, pengiriman makanan, dan layanan sesuai permintaan, Grab adalah penggerak pertama regional dengan ambisi ‘aplikasi super’ untuk menawarkan produk dan layanan omnichannel dalam satu atap virtual.

Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna melakukan pembayaran, mentransfer uang, dan mengakses layanan keuangan seperti produk asuransi dan investasi. Grab telah memperluas operasinya ke beberapa negara di Asia Tenggara dan memiliki lebih dari 100 juta pengguna pada 2021.

BACA JUGA:Dorong Implementasi Bisnis Berbasis ESG, Bank Mandiri Pasang 556 Unit Panel Surya

Grab adalah aplikasi super keuangan lainnya yang berjuang untuk mendapatkan bagian dari ekonomi Asia Tenggara yang berkembang pesat, menawarkan kepada pengguna kemampuan untuk melakukan pembayaran dan mengelola keuangan mereka, serta memesan berbagai layanan seperti pengiriman bahan makanan dan pengiriman makanan.

Seiring dengan akses ke berbagai layanan keuangan, aplikasi ini juga menawarkan opsi inovatif kepada pengguna seperti ‘Beli sekarang, bayar nanti’, cashback, dan program hadiah. Grab, decacorn pertama dan satu-satunya di Asia Tenggara, memiliki kapitalisasi pasar US$10,89 miliar per November 2022.

Paytm (India)

Paytm adalah aplikasi super keuangan dari India yang menawarkan berbagai layanan keuangan, termasuk pembayaran seluler, pembayaran tagihan utilitas, dan layanan keuangan seperti emas digital, pembukaan rekening bank, dan transfer uang. Aplikasi ini telah menjadi salah satu aplikasi super keuangan paling populer di India, dengan lebih dari 400 juta pengguna dan sebagai dokumen yang diajukan pada tahun 2021, dijadwalkan untuk penawaran umum perdana (IPO) terbesar dalam sejarah India.

BACA JUGA:Kamu Mahasiswa, Mau Berbisnis Mulai dari Mana? Simak Caranya

Paytm perlahan-lahan menjadi aplikasi super keuangan yang populer di India, menawarkan kepada pengguna fleksibilitas dan kenyamanan universal untuk melakukan pembayaran dan mentransfer uang, serta mengakses berbagai layanan keuangan seperti produk asuransi dan investasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: