Hindari Penipuan Online Melalui Aplikasi APK: ini 5 Tips yang Harus Diketahui

Hindari Penipuan Online Melalui Aplikasi APK: ini 5 Tips yang Harus Diketahui

Penipuan undangan pernikahan digital-fino felino-

BACA JUGA:Ini Daftar 10 Game Perang Terbaik untuk Android Tahun 2023

3. Rutin ganti password

Biasanya kita selalu bermasalah dengan yang namanya password. Lebih sering lupa atau lebih parahnya password dibuatkan oleh orang lain. 

Sebaiknya password hanya diketahui oleh anda sendiri dan rutin ganti password dengan menggunakan karakter yang berbeda-beda. Misal seperti huruf besar dan kecil di kombinasikan dengan angka dan tanda baca lainnya. Ini akan meningkatkan tingkat kesulitan pencurian data pada smartphonne anda.

4. Jangan bertransaksi diluar platform resmi

Biasanya Platform marketplace selalu menggunakan sistem rekening bersama (rekber) untuk melindungi pengguna disaat bertansaksi online. Sistem ini akan meneruskan uang penjual dari pembeli ketika produk sudah diterima oleh pembeli sesuai dengan pesanan.

Dengan kata lain jangan pernah bertransaksi transfer antar rekening langsung melalui chatingan whatsapp atau DM instagram maupun sosial media lainnya tanpa rekening bersama.

5. Jaga data pribadi anda

Hindari memberikan informasi pribadi disembarang media sosial seperti nomor handphone, NIK, KK, Rekening Bank dan data pribadi lainnya. 

Ini sangat berpotensi untuk pelaku melakukan pencurian data.

Dengan itu, pastikan untuk selalu membaca dengan cermat persyaratan dan ketentuan sebelum menginstal aplikasi di smartphone Anda, terutama jika aplikasi tersebut berasal dari sumber yang tidak dikenal. Dan ingatlah bahwa jika terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, maka mungkin itu penipuan.

Dengan mengikuti tips yang diberikan dan tetap waspada, kita dapat memastikan keamanan data pribadi kita dan melindungi diri kita dari penipuan online.(**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: