Inilah 6 Penyebab Bintik Hitam Pada Wajah yang Perlu Diketahui

Inilah 6 Penyebab Bintik Hitam Pada Wajah yang Perlu Diketahui

Penyebab bintik hitam pada wajah -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Apakah kamu mengalami bintik hitam pada wajah? Berbeda dengan freckles yang muncul karena faktor genetik atau keturunan, munculnya bintik-bintik hitam biasanya disebabkan oleh faktor eksternal. 

Yang paling sering menjadi faktor utama munculnya noda-noda hitam yaitu kulit yang terkena paparan sinar matahari.

Lalu, apa itu bintik hitam di wajah? Apakah penyebab timbulnya bintik-bintik hitam di wajah? Yuk, simak ulasannya pada artikel berikut ini. 

Sering kali disalah artikan, noda-noda berwarna kehitaman di wajah umumnya terbentuk karena peningkatan jumlah melanin atau pigmen warna alami pada kulit.

BACA JUGA:Pedoman Gizi Seimbang untuk Hidup Lebih Sehat

Sering disamakan dengan freckles, tapi perbedaan yang paling signifikan yaitu warna freckles yang kecokelatan dibandingkan bintik-bintik hitam.

Munculnya bintik-bintik hitam di wajah umumnya menjadi tanda-tanda penuaan. Karena itulah, titik-titik hitam biasa dikenal dengan age spot.

Walaupun tidak sakit dan teksturnya sama dengan kulit, tapi tetap saja kondisi kulit ini bisa mengganggu kenyamananmu, nih. Lantas, apa penyebab munculnya bintik hitam pada wajah? Berikut diantaranya. 

1. Paparan Sinar Matahari yang Berlebih.

Seperti yang sudah di jeaskan sebelumnya salah satu faktor yang bisa menyebabkan bintik hitam pada wajah adalah paparan sinar matahari. Nah, kamu suka beraktivitas di bawah teriknya sinar matahari? Hati-hati, bintik hitam di wajah bakalan rentan terjadi. 

Paparan sinar matahari yang berlebih termasuk salah satu faktor utama munculnya bintik hitam di wajah. Radiasi sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari bisa memicu peningkatan produksi melanin. Melanin yang berfungsi sebagai pigmen warna alami kulit pun akan menggelap. Sehingga muncul bercak-bercak hitam di wajah.

2. Polusi Udara.

Selain karena paparan sinar matahari, penyebab lain yang menyebabkan bintik hitam di wajah yaitu polusi udara. Polutan dari asap kendaraan, asap rokok, atau debu bisa menyumbat pori-pori kulit. 

Selain itu, sumber polusi ini bisa merusak lapisan pelindung kulit terluar atau skin barrier. Dengan begitu, tekstur kulit semakin tidak terproteksi yang menyebabkan timbulnya titik-titik hitam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: