Ini Identitas Tahanan Rutan Malabero yang Kabur

Ini Identitas Tahanan Rutan Malabero yang Kabur

Identitas Tahanan Rutan Kelas IIB Malabero Bengkulu yang kabur-(foto: tri yulianti/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Aksi tahanan Rutan Kelas IIB Malabero Bengkulu yang kabur pada Jumat (20/1/2023) terbilang nekat.

Pasalnya, dinding rutan yang tinggi tak menggoyahkan niat Solhan (19) untuk tetap berada di dalam blok hunian Rutan Kelas IIB Malabero Bengkulu.

Disampaikan Kepala Rutan Kelas IIB Malabero Bengkulu Farizal Antoni, Solhan merupakan seorang residivis. Sebelumnya ia telah menjalani pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kelas IIA Bengkulu beberapa tahun lalu.  

Kemudian ditahun 2022, Solhan kembali melakukan perbuatan tindak pidana dengan pasal pencurian dan divonis selama 3 tahun.


Gorong-gorong yang diduga tempat persembunyian Solhan (19) yang kabur-(foto: tri yulianti/bengkuluekspress.disway.id)-

"Jadi benar ada 1 tahanan kita yang kabur. Dia merupakan residivis ya dan baru menjalani hukuman 3 bulan pasca divonis pada bulan Oktober lalu," kata Farizal Antoni pada bengkuluekspress.com.

Aksi kaburnya Solhan ini sambung Farizal, dilakukan pada saat orang-orang tengah menunaikan ibadah shalat Jumat.

Saat itu, Solhan balik ke kamar huniannya di blok lantai 2 Rutan Kelas IIB Malabero Bengkulu. Saat itulah, ia melompat dengan jarak yang cukup jauh yaitu 10 meter antara dinding hunian ke pagar Rutan.

"Tanpa kita sangka dan tak terduga yang bersangkutan manjat keatas dan memberanikan diri meloncat sampai keluar. Jarak antara kamar hunian ke pagar ada dua lapis sekitar 10 meter," sambungnya.

Dengan peristiwa ini, pihak Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bengkulu telah mengerahkan seluruh anggota untuk melakukan pencarian. 

Tidak hanya itu, pihak Rutan Kelas IIB  Bengkulu juga telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian baik Polresta maupun Polsek Teluk Segara.

Farizal juga berharap, agar masyarakat yang mengetahui keberadaan tahanan yang kabur ini untuk dapat menghubungi pihak rutan maupun polisi terdekat.

"Tahanan yang kabur ini juga sempat masuk kerumah warga dengan kondisi luka, dan saat ini yang bersangkutan belum berhasil kita temukan dan masih proses pencarian," tutup Farizal Antoni. (Tri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: