Mengharukan! Ternyata Ini Motif Terpidana Kabur dari Rutan Malabero

Mengharukan! Ternyata Ini Motif Terpidana Kabur dari Rutan Malabero

Kakanwil Kemenkumham Bengkulu, Erfan SH MH saat jumpa pers-(foto: tri yulianti/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Solhan (19), terpidana yang kabur dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Malabero Bengkulu mengaku tidak betah berada di dalam rutan. Alasan itulah membuat dirinya nekat melompati dinding setinggi 10 meter agar dapat menghirup udara bebas.

Namun pelarian Solhan yang mencoba kabur dari Rutan Kelas IIB Malabero Bengkulu juga harus terhenti, karena berhasil ditangkap kembali oleh petugas Rutan pada Minggu dini hari (21/1/2023).

Kepala Kantor Perwakilan Kementerian Hukum dan Ham (Kanwil Kemenkumham) Bengkulu Erfan SH MH mengatakan, dari pengakuan Solhan, ia merasa tidak betah berada didalam Rutan.

Ucapan itupun berkali-kali disampaikan oleh Solhan, pasca ia diamankan oleh petugas Rutan Kelas IIB Malabero Bengkulu.


Solhan saat diamankan petugas Rutan Kelas IIB Malabero Bengkulu-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Bahkan, saat diamankan pun kondisi Solhan cukup prihatinkan. Pasalnya, banyak luka yang dialami oleh Solhan saat ia mencoba kabur pada Jumat kemarin (20/1/2023).

"Saat diamankan pun kondisinya banyak luka, sehingga kita langsung bawa ia ke klinik untuk mendapatkan perawatan medis,"kata Erfan pada bengkuluekspress.com.

Kanwil Kemenkumham Bengkulu juga menceritakan, selama 3 bulan menjadi masa tahanan di Rutan Kelas IIB Malabero Bengkulu, Solhan tidak pernah dijenguk atau dibesuk oleh pihak keluarganya.

Sehingga hal itu pula yang menjadi dasar Solhan untuk mencoba kabur dari Rutan Kelas IIB Malabero Bengkulu.

"Jadi dia ini pernah curhat ke warga binaan lainnya bahwa dia rindu akan keluarganya. Karena selama menjalani masa tahanan ia belum pernah dibesuk oleh pihak keluarga," ungkapnya.

Sementara itu terhadap terpidana Solhan belum dapat dimintai keterangan secara rinci karena masih menjalani pengobatan.

Namun atas kejadian ini, sudah langkah-langkah yang diambil dari tindakan terpidana tersebut. 

"Saat ini masih jalani pengobatan ya, nanti baru kita kembalikan lagi kedalam rutan. Untuk langkah-langkah selanjutnya pasti ada," tutup Erfan SH MH.

Diketahui sebelumnya, Solhan merupakan seorang residivis. Dimana beberapa tahun lalu ia melakukan tindak pidana yang mengharuskan ia menjalani masa tahanan di Lapas Anak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: