Bisa Dicoba, Ini Obat Kurap Alami yang Mudah Ditemukan

Bisa Dicoba, Ini Obat Kurap Alami yang Mudah Ditemukan

Ilustrasi obat alami untuk mengobati kurap-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Gatal pada kulit merupakan kondisi yang kerap dikeluhkan oleh sebagian besar individu. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah kurap (tinea corporis). 

Kurap sendiri merupakan masalah kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur. Di samping penanganan medis, pengobatan kurap juga dapat dioptimalkan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Lantas, apa saja obat kurap alami yang direkomendasikan.

Penyebab utama kurap adalah infeksi jamur, seperti Trichophyton, Microsporum, dan Epidermophyton pada permukaan kulit. Infeksi jamur tersebut dapat menular melalui kontak langsung dengan penderita kurap ataupun benda/tanah yang sudah terkontaminasi.

BACA JUGA:Selfie Bisa Deteksi Sakit Kulit

Menggunakan bahan-bahan alami sering kali menjadi pilihan pengobatan kurap karena cenderung mudah ditemukan dan terjangkau. Pada dasarnya, memang masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas bahan-bahan alami dalam mengobati kurap.

Kendati demikian, obat kurap alami ini tetap bisa digunakan untuk membantu mengoptimalkan proses pemulihan. Adapun beberapa pilihan obat kurap alami yang bisa ditemukan dengan mudah adalah sebagai berikut :

1. Minyak Kelapa

Cara menghilangkan kurap secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Dilansir dari Natural Medicine Journal, minyak kelapa dapat membantu menangani masalah kulit akibat infeksi jamur, termasuk kurap yang bersifat ringan hingga sedang. Hal ini dikarenakan minyak kelapa mengandung asam lemak yang dapat membantu meredakan kurap dengan cara merusak membran sel jamur penyebab kurap.

BACA JUGA:Ini Dia Rekomendasi Parfum Non-Alkohol Terbaik dan Aman untuk Kulit

Untuk membantu mengobati kurap, cukup oleskan minyak kelapa pada permukaan kulit yang terinfeksi jamur sebanyak 3 kali sehari.

2. Lidah Buaya

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan pada Indian Journal Dermatology, lidah buaya mengandung senyawa yang bersifat antiseptik, seperti lupeol, salicylic acid, cinnamic acid, fenol, sulfur, dan urea nitrogen sehingga dapat membantu mengatasi masalah kulit akibat infeksi bakteri, virus, atau jamur.

Selain itu, lidah buaya juga mengandung senyawa yang bersifat antiradang serta dapat memberikan sensasi dingin dan sejuk saat dioleskan pada permukaan kulit yang terdapat kurap. Kandungan inilah yang dapat membantu meredakan rasa gatal pada kulit akibat kurap.

BACA JUGA:Sering Mengelupas Kulit Bibir? Ini Dampak Bahayanya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: