Sering Mengelupas Kulit Bibir? Ini Dampak Bahayanya!

Sering Mengelupas Kulit Bibir? Ini Dampak Bahayanya!

Kebiasaan mengelupas bibir juga dapat membuatnya kering pecah-pecah dan lama kelamaan bisa menyebabkan berdarah, sakit, dan menghitam.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Siapa di sini yang sering mengelupas kulit bibir? Terlebih saat bibir terasa kering kita cenderung tanpa sadar mengelupasnya begitu saja yang tak jarang membuatnya berdarah. Ternyata tak hanya perih yang kita dapatkan dengan kebiasaan ini.

Ada beberapa bahaya dengan mengelupas bibir. Apa saja itu? Simak ulasan di bawah ini yang telah dirangkum dari laman sehatq berikut ini.

BACA JUGA:Di Livin Mandiri Bisa Pinjam Uang, Bisa Langsung Cair, Tanpa Kartu Kredit

1. Menimbulkan infeksi

Kulit di bagian bibir lebih halus dan lebih sensitif dibandingkan area kulit lain karena tidak adanya kelenjar sebaceous. Hal ini yang membuat kulit bibir lebih rentan terhadap kekeringan dibandingkan dan sering membuat tangan gatal untuk melepasnya.

Padahal kebiasaan ini berbahaya yang salah satunya menimbulkan infeksi. Ini terjadi ketika lapisan pelindung bibir terkelupas dan rusak, bibir lebih rentan terhadap infeksi bakteri atau jamur.

BACA JUGA:Pinjaman Saldo DANA Rp500.000 Bisa Cair Tanpa KTP, Simak Cara ini!

Terlebih lagi kita mengupasnya dengan tangan kotor maka kemungkinan infeksi akan jauh lebih tinggi. Salah satu infeksi bibir ini adalah angular cheilitis yang ditandai dengan peradangan dan pecah-pecah di sudut bibir.

2. Menimbulkan peradangan

Bahayan mengelupas bibir selanjutnya adalah bisa menyebabkan peradangan yang biasanya ditandai dengan bibir terasa sakit, perih, terbakar, atau bahkan bengkak.

Hal ini biasa terjadi karena cheilitis atau kondisi bibir yang meradang. Selain gejala di atas Cheilitis juga bisa membuat kulit bibir memerah, kering, bersisik, dan gatal.

BACA JUGA:Rezeki Lancar dan Jodoh Mendekat, Bisa Punya Keturunan, Ustadz Abdul Somad: Rutinkan Baca Surah ini

3. Menimbulkan bibir semakin kering

Bibir yang terasa kering membuat kita selalu ingin mengelupasnya bukan? Selain itu saat bibir kering terkelupas, kita bahkan lebih sering menjilatnya dengan harapan bibir lebih terhidrasi untuk mengatasi pengelupasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: