Bisa Dicoba, Ini Obat Kurap Alami yang Mudah Ditemukan

Bisa Dicoba, Ini Obat Kurap Alami yang Mudah Ditemukan

Ilustrasi obat alami untuk mengobati kurap-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

3. Daun Sirih

Daun sirih merupakan salah satu obat kurap alami yang memiliki senyawa antiradang dan antibakteri sehingga dapat digunakan untuk membantu meminimalkan perburukan kondisi. Untuk menggunakannya, haluskan beberapa lembar daun sirih dan satu ruas kunyit. Lalu, oleskan campuran daun sirih dan kunyit tersebut pada kulit yang terdapat kurap dan diamkan selama 20 menit. Ulangi penggunaan obat kurap alami ini sebanyak 3 kali sehari hingga kurap mereda.

4. Bawang Putih

Cara alami mengobati kurap selanjutnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Pasalnya, bawang putih dipercaya mengandung senyawa antijamur sehingga dapat membasmi berbagai jenis jamur penyebab masalah kulit, seperti Candida, Torulopsis, Cryptococcus, dan Trichophyton.

BACA JUGA:Ini Dia Rekomendasi Sabun Mandi untuk Pemilik Kulit Kering dan Sensitif

Cara menggunakan bawang putih untuk mengobati kurap pun terbilang praktis. Cukup haluskan beberapa siung bawang putih dan campurkan dengan minyak zaitun atau minyak kelapa. Lalu, oleskan campuran tersebut pada permukaan kulit yang terdapat kurap dan tutup dengan menggunakan kain kasa bersih. Diamkan selama 2 jam, lalu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini sebanyak 2 kali sehari hingga kurap mereda.

5. Tea Tree Oil

Pilihan obat kurap alami selanjutnya adalah tea tree oil. Sebab, tea tree oil dipercaya mengandung senyawa antijamur dan antibakteri sehingga dapat membantu meredakan berbagai penyakit kulit akibat infeksi bakteri dan jamur, termasuk kurap.

Jika memiliki kulit sensitif, sebaiknya campurkan tea tree oil dengan minyak kelapa terlebih dahulu sebelum dioleskan pada bagian kulit yang terdapat kurap.

BACA JUGA:Mau Kulit Glowing dan Awet Muda? dr Zaidul Akbar: Pakai Ceker Ayam

6. Cuka Apel

Karena mengandung senyawa yang bersifat antijamur, cuka apel juga bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan obat kurap alami. Adapun cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan cuka apel secara langsung ke permukaan kulit yang terdapat kurap. Gunakan cuka apel sebanyak 3 kali sehari untuk memaksimalkan pemulihan kurap.

7. Air Garam

Untuk mengeringkan luka dan peradangan pada kulit akibat kurap, cobalah untuk merendam bagian kulit yang terdapat kurap di dalam air garam selama 10–20 menit. Pasalnya, air garam dipercaya mampu menghambat pertumbuhan jamur sehingga dapat membantu mempercepat proses pemulihan kurap.

8. Kunyit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: