8 Khasiat Buah Pinang Muda, Baik untuk Kesehatan Gigi dan Tulang

8 Khasiat Buah Pinang Muda, Baik untuk Kesehatan Gigi dan Tulang

Buah pinang muda (Areca catechu) merupakan jenis tanaman palem-paleman yang banyak tumbuh di negara-negara Asia, termasuk Cina, Malaysia, Myanmar, India, dan Indonesia-Pinterest -

Buah pinang juga terkenal dengan manfaatnya yang dapat memelihara kesehatan tulang. Hal ini berkat kandungan fosfor di dalamnya. 

Fosfor merupakan mineral penting yang dapat membantu memperkuat tulang dan meningkatkan kepadatan mineral tulang.

BACA JUGA:Waspada Sebabkan Kematian, Inilah Bahaya Konsumsi Kecubung

Selain itu, senyawa arekolin pada buah pinang muda dapat mencegah pengeroposan tulang dengan menghambat pembentukan sel osteoklas, yakni sel yang bertanggung jawab atas pemecahan tulang.

Senyawa arekolin juga dapat membantu mendorong pembentukan osteoblas, yakni sel-sel yang berfungsi membangun tulang. 

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat lainnya dari buah pinang adalah mengaja kesehatan pencernaan. Mengunyah pinang muda diketahui dapat meningkatkan sekresi air liur serta merangsang otot-otot saluran pencernaan dan gerak peristaltik usus, sehingga proses pencernaan makanan menjadi lancar. 

Selain itu, buah pinang muda dapat bermanfaat untuk mengatasi diare. Ini karena buah pinang muda memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh bakteri Escherichia coli dan Vibrio cholerae yang menjadi penyebab diare dan penyakit kolera.  

BACA JUGA:Cara Mencegah Lapar di Malam Hari, dr Zaidul Akbar Sarankan Minum Ini

4. Meningkatkan mood harian 

Tidak banyak yang tahu jika buah pinang dapat meningkatkan mood. Manfaat buah pinang muda selanjutnya untuk kesehatan adalah meningkatkan suasana hati. 

Hal ini karena jenis buah ini mengandung senyawa alkaloid bernama arekolin. Senyawa arekolin yang terdapat di dalam buah pinang muda dapat menstimulasi neuron dopaminergik VTA, yaitu area saraf yang berfungsi untuk menghasilkan dopamin 

Dopamin merupakan pembawa pesan kimiawi di otak yang bertugas untuk meningkatkan motivasi dan kepuasan.  

5. Mengurangi gejala depresi

Selain dapat meningkatkan mood harian buah pinang ternyata juga dapat mengurangi gejala depresi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: