8 Khasiat Buah Pinang Muda, Baik untuk Kesehatan Gigi dan Tulang

8 Khasiat Buah Pinang Muda, Baik untuk Kesehatan Gigi dan Tulang

Buah pinang muda (Areca catechu) merupakan jenis tanaman palem-paleman yang banyak tumbuh di negara-negara Asia, termasuk Cina, Malaysia, Myanmar, India, dan Indonesia-Pinterest -

BACA JUGA:Waspada Sebabkan Kematian, Inilah Bahaya Konsumsi Kecubung

Hal ini disebabkan oleh ekstrak etanol buah pinang memiliki efek anti-depresi yang dapat mengurangi aktivitas berlebihan pada hipotalamus pituitari adrenal (HPA) yang berkaitan dengan respons stres tubuh.

Selain itu, buah pinang muda dapat melindungi sel-sel saraf di otak dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat memicu munculnya gejala depresi.

6. Berpotensi menurunkan kadar gula darah

Ekstrak biji buah pinang bermanfaat menurunkan kadar gula darah. Potensi manfaat buah pinang muda ini diketahui berasal dari kandungan senyawa pyridine dan piperidine alkaloid yang memiliki sifat anti-diabetes dan mampu menurunkan kadar gula darah. 

Akan tetapi, penelitian ini baru dilakukan pada hewan. Oleh sebab itu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat buah pinang muda ini. 

BACA JUGA:Cara Mencegah Lapar di Malam Hari, dr Zaidul Akbar Sarankan Minum Ini

7. Mencegah anemia

Buah pinang muda mengandung zat besi yang dapat bermanfaat untuk mencegah anemia, yakni kondisi menurunnya sel darah merah atau hemoglobin di dalam tubuh akibat kurangnya zat besi. 

Hemoglobin merupakan protein di dalam sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh. Akibatnya, suplai oksigen ke organ-organ dan sel tubuh menjadi berkurang. 

Kandungan zat besi di dalam buah pinang muda dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah atau hemoglobin dalam darah. Dengan begitu, Anda bisa mencegah risiko penyakit anemia. 

8. Mengurangi gejala skizofrenia

Mengunyah buah pinang dapat berpotensi mengurangi gejala skizofrenia. Potensi manfaat buah pinang muda ini kemungkinan berasal dari senyawa alkaloid di dalamnya yang dapat bekerja langsung pada saraf di otak untuk membantu mengurangi gejala skizofrenia.

BACA JUGA:Cepat Lapar Meski Habis Makan, Ini Dia 7 Penyebab yang Perlu Diketahui

Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikkan efektivitas buah pinang muda ini.   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: