8 Khasiat Buah Pinang Muda, Baik untuk Kesehatan Gigi dan Tulang

8 Khasiat Buah Pinang Muda, Baik untuk Kesehatan Gigi dan Tulang

Buah pinang muda (Areca catechu) merupakan jenis tanaman palem-paleman yang banyak tumbuh di negara-negara Asia, termasuk Cina, Malaysia, Myanmar, India, dan Indonesia-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Buah pinak merupakan salah satu jenis buah yang sudah sejak zaman dahulu, digunakan sebagian masyarakat Indonesia. 

Hal ini karena buah pinang muda dipercaya memiliki sejumlah manfaat. Oleh karena itu, penting untuk kamu mengetahui manfaat buah pinang untuk kesehatan. 

Buah pinang muda (Areca catechu) merupakan jenis tanaman palem-paleman yang banyak tumbuh di negara-negara Asia, termasuk Cina, Malaysia, Myanmar, India, dan Indonesia. 

Di Indonesia sendiri, buah pinang secara tradisional digunakan dalam tradisi menyirih (mengunyah sirih), yakni tradisi mencampurkan pinang muda bersama kapur yang kemudian dilapisi dengan daun sirih.

BACA JUGA:Ternyata Alpukat Bisa Menurunkan Kolesterol, dr Zaidul Akbar Bagikan Caranya

Buah pinang muda dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan karena kandungan zat gizinya yang beragam seperti karbohidrat, proteinm lemak, zat besi, dan fosfor. 

Selain kandungan zat gizi tersebut, buah pinang mengandung alkaloid dan senyawa antioksidan seperti flavonoid dan tanin. 

Berkat kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya, berikut ini khasiat buah pinang muda berdasarkan kandungan gizinya. 

1. Menjaga kesehatan gigi

Sudah dipercaya sejak dulu jika buah pinang dapat menjaga kesehatan gigi. Secara tradisional, sebagian masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan mengunyah biji pinang atau menyirih.

BACA JUGA:Ampuh Atasi Diabetes dan Turunkan Gula Darah, dr Zaidul Akbar Cukup Pakai Apel dan Mentimun

Hal ini karena mengunyah buah pinang dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mengurangi bau mulut karena jenis buah ini memiliki sifat anti-bakteri. 

Sifat anti-bakteri pada buah pinang muda dapat menekan pertumbuhan bakteri di gigi dan mulut yang bisa menyebabkan bau mulut dan gigi berlubang. Namun, sebaiknya hindari terlalu sering mengunyah buah pinang. 

2. Memelihara kesehatan tulang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: