Berikut Ini Panduan Cara Membuat Kue Kering untuk Penderita Diabetes

Berikut Ini Panduan Cara Membuat Kue Kering untuk Penderita Diabetes

Membuat kue kering untuk penderita diabetes bisa dilakukan apabila bahan gula diganti dengan pemanis lain, seperti stevia. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Jika ingin membuat kue kering untuk penderita diabetes, Anda perlu memperhatikan kandungan nutrisinya, terutama gula, karbohidrat, dan lemaknya. Selain itu, cermati pula bahan-bahan yang digunakan agar camilan ini tetap aman untuk penderita kencing manis.

Bahan dasar kering, seperti tepung, soda kue, gula, mentega, dan telur, diperlukan dalam pembuatan kue. Namun, dalam membuat kue kering untuk penderita diabetes, semua komposisi ini harus diperhitungkan baik-baik agar tidak memicu naiknya kadar gula dalam darah. Dengan begitu, penderita diabetes pun bisa ikut menikmati lezatnya camilan ini tanpa takut kadar gula darahnya melonjak drastis.

BACA JUGA:Meskipun Rajin Sedekah, Namun Bisa Masuk Neraka, Inilah Penyebabnya

Panduan Membuat Kue Kering untuk Penderita Diabetes
Kue kering termasuk makanan yang perlu dihindari oleh penderita diabetes karena mengandung gula dan lemak jenuh. Namun, jika memang ingin makan camilan yang satu ini, ada beberapa cara membuat kue kering untuk penderita diabetes, yaitu:

1. Mengganti tepung terigu
Ganti tepung terigu biasa dengan tepung yang rendah karbohidrat, tinggi protein, dan tinggi serat. Hal ini penting agar kue kering menjadi lebih sehat. Contoh tepung jenis ini adalah tepung almond, tepung kelapa, tepung gandum utuh, atau tepung sorgum.

BACA JUGA:Apa Itu Khodam, Bagaimana Hukumnya Dalam Islam? Ini Kata Ustaz Muhammad Faizar

2. Mengganti gula pasir dengan pemanis lain
Membuat kue kering untuk penderita diabetes bisa dilakukan apabila bahan gula diganti dengan pemanis lain, seperti stevia. Stevia merupakan pemanis alami dari ekstrak tanaman stevia. Rasa stevia lebih manis dari gula, tetapi tidak berkontribusi terhadap kenaikan gula darah. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan buah pisang, madu, atau sirup maple sebagai pemanis alami.

3. Mengganti mentega (butter)
Kue kering untuk penderita diabetes sebaiknya tidak perlu menggunakan butter. Anda bisa mengganti butter dengan versi yang lebih sehat, seperti minyak kanola, minyak zaitun, atau minyak alpukat.

BACA JUGA:Agar Keberkahan Selalu Hadir Dalam Keluarga, Amalkan 3 Doa Berikut

4. Menambah buah-buahan
Salah satu asupan yang penting dan harus tercukupi oleh penderita diabetes adalah serat. Untuk menambahkan asupan serat, Anda bisa mencoba menambahkan beberapa jenis buah saat membuat kue kering untuk penderita diabetes, seperti buah beri, kelapa, atau buah kering yang rendah gula.

5. Menggunakan cokelat hitam
Apabila ingin membuat kue kering cokelat, disarankan untuk pilih dark chocolate yang mengandung 70% kakao atau lebih. Cokelat hitam dipercaya dapat memperbaiki kadar gula darah serta mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

BACA JUGA:Agar Rezeki Melimpah dan Hutang Lunas, Rutinkan Membaca Doa Pendek dari Rasulullah SAW Ini

6. Tambahkan kacang atau biji-bijian
Upaya lain yang bisa Anda lakukan agar kue kering untuk penderita diabetes menjadi sehat adalah dengan menambahkan kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti kacang tanah, kacang mete, kacang almond, biji wijen, atau biji chia. Jenis makanan ini mengandung serat yang sangat baik untuk penderita diabetes.

Meski dianggap lebih sehat, mengonsumsi kue kering secara berlebihan dalam satu waktu sebaiknya tidak dilakukan karena dapat membuat gula darah meningkat. Setelah makan kue kering untuk penderita diabetes, jangan lupa untuk mengimbanginya dengan konsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah, olahraga secara teratur, minum obat diabetes sesuai arahan dokter, dan rutin memeriksa kadar gula darah ke dokter.

BACA JUGA:DPP PAN Resmi Usung Helmi - Mian Maju Pilgub Bengkulu 2024

Dengan melihat panduan membuat kue kering untuk penderita diabetes di atas, bukan hal yang mustahil bagi penderita diabetes untuk mengonsumsi camilan ini. Hanya saja, demi menjaga kadar gula darah dalam tubuh, pastikan Anda tidak terlalu banyak atau kebablasan saat menikmatinya.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: