Simak 7 Tips Alami untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Simak 7 Tips Alami untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Cara menurunkan tekanan darah tinggi -Pinterest -

4. Kelola stres dengan baik

Nggak pernah berusaha mengelola stres dengan baik? Jangan heran kalau tensimu tinggi. Untuk mengatasinya, temukanlah cara positif dalam mengelola stres.

Misalnya, lakukan hobi yang disukai, seperti memasak, berkebun, atau membaca buku. Selain itu, hangout dengan teman-teman dan mengembangkan sikap bersyukur terhadap setiap hal yang kamu miliki dalam hidup juga bisa meredakan stres.

5. Hindari kebiasaan merokok dan mengurangi konsumsi alkohol

Menghindari kebiasaan merokok dan mengurangi konsumsi alkohol juga dapat menjadi cara yang efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sebab, merokok dan konsumsi alkohol berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah dan merusak kesehatan jantung.

Untuk menjaga tubuh tetap sehat, pastikan kamu berhenti merokok dan batasi konsumsi alkohol. Hal ini juga bermanfaat untuk menjaga tekanan darah kamu cukup stabil.

BACA JUGA:Makanan yang Dihasilkan dari Proses Fermentasi Asam Laktat

6. Olahraga

Olahraga sudah terbukti menjadi kegiatan yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain membuat tubuh menjadi lebih bugar, olahraga juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Aktivitas fisik seperti jalan kaki, berlari, berenang, atau bersepeda secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah. Lakukanlah olahraga minimal 150 menit per minggu atau sesuai dengan rekomendasi dokter.

7. Kurangi konsumsi kafein

Mengonsumsi alkohol dan kafein yang berlebihan telah dikaitkan dengan tekanan darah tinggi. Jadi, batasi asupan alkohol minimal 1 gelas sehari untuk wanita dan 2 gelas sehari untuk pria, serta kurangi asupan kafein terutama jika Anda sensitif terhadap kafein.

Kopi mengandung senyawa kafein yang dapat meningkatkan tekanan darah pada beberapa orang. Minumlah secukupnya dan pada di saat-saat tertentu saja. Selain kopi, kamu juga perlu menghindari minuman dengan kafein lainnya seperti teh dan energy drink.

BACA JUGA:Kaya Akan Serat dan Nutrisi, Inilah 8 Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan

Nah, itu lah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: