Simak 7 Tips Alami untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Simak 7 Tips Alami untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Cara menurunkan tekanan darah tinggi -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Hipertensi adalah kondisi di mana tekanan darah dalam arteri meningkat secara terus-menerus. Selain faktor keturunan, pola hidup yang sehat juga mendorong terjadinya tekanan darah tinggi pada seseorang.

Namun, jika dibiarkan terus menerus tanpa adanya perhatian khusus, penyakit ini juga bisa menjadi sangat berbahaya. Maka dari itu, penting untuk kamu mengetahui tips untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Lantas, bagiamana cara tips menurunkan tekanan darah tinggi? Berikut diantaranya:

1. Mengurangi konsumsi garam

Garam sangat mempengaruhi tekanan darah, Sebagaimana diketahui, konsumsi garam berlebih menjadi salah satu sebab terjadinya seseorang mengalami tekanan darah tinggi. 

Pasalnya, garam dapat menyebabkan retensi air dalam tubuh sehingga meningkatkan tekanan darah. Maka dari itu, perlu untuk membatasi konsumsi makanan yang tinggi garam. Misalnya saja makanan olahan, makanan kaleng, dan makanan cepat saji. 

BACA JUGA:Penasaran Kita Punya Khodam atau Tidak, Ini Caranya

2. Terapkan pola makan sehat

Tips selanjutnya yang perlu kamu lakukan untuk menurunkan tekanan darah adalah mulai mengonsumsi makanan sehat. Makanlah makanan rendah garam, kaya serat, dan tinggi nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, ikan, dan produk susu rendah lemak.

Selain itu, kamu juga perlu menghindari makanan olahan, makanan tinggi lemak jenuh, makanan cepat saji, dan makanan tinggi gula.

3. Jaga berat badan ideal:

Tips menurunkan tekanan darah tinggi ini jarang disadari oleh banyak orang. Dengan menjaga berat badan yang ideal, kamu bisa mengurangi potensi terjadinya tekanan darah tinggi dalam tubuh.

Menjaga berat badan yang sehat atau menurunkan berat badan jika overweight dapat membantu menurunkan tekanan darah. Namun, kamu juga perlu konsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk menentukan berat badan yang ideal dan merencanakan program penurunan berat badan yang sehat.

BACA JUGA:Jangan Biarkan Anak Anak Terlalu Banyak Minum Susu, Ini Risikonya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: