6 Manfaat Squat Jump, Meningkatkan Kekuatan Otot dan Tulang

6 Manfaat Squat Jump, Meningkatkan Kekuatan Otot dan Tulang

Manfaat gerakan squat jump -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Apakah Anda sering melakukan squat jump? squat jump adalah gerakan olahraga dari jongkok ke berdiri dengan melompat. 

Gerakan olahraga yang satu ini dapat memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan terutama untuk memperkuat otot tubuh bagian bawah seperti otot pinggu dan otot paha. 

Tak hanya itu, squat jump yang dilakukan dengan benar dan secara rutin juga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Gerakan olahraga ini melibatkan otot tubuh bagian bawah, seperti otot pinggul, otot paha, otot bokong, otot betis, dan otot kaki. 

Otot tubuh bagian bawah sendiri memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan tubuh, sehingga memudahkan Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Selain itu, squat jump juga termasuk olahraga yang sederhana karena dapat dilakukan di rumah tanpa memerlukan alat khusus. Jika latihan ini dilakukan secara rutin, Anda bisa mendapatkan manfaat squat jump secara maksimal. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat squat jump yang bisa Anda dapatkan bila gerakan olahraga ini dilakukan secara rutin:

BACA JUGA:Ini Dia Hal-Hal yang Harus Diperhatikan saat Menjalani Diet Karbohidrat

1. Melatih dan membangun otot

Bukan hanya membakar lebih banyak kalori, tapi otot Anda juga lebih terlatih. Ketika kamu melompat, betis Anda bekerja dua kali lebih keras. Hal ini bisa membentuk dan memperkuat otot kaki kamu. Terutama serat otot tipe II. 

Disebut juga fast twitch muscle fibers, serat otot ini lebih kecil dan mempunyai lebih banyak mitokondria. Mitokondria sendiri adalah penghasil energi dari sel. 

Karena itu, fast twitch muscle fibers bukan hanya lebih berkekuatan, tapi bisa bergerak lebih cepat. Ketika otot itu kuat dan cepat, tubuh kamu jadi bisa mengangkat lebih banyak beban. 

2. Memperkuat tulang

Tidak hanya memperkuat otot, manfaat squat jump yang dilakukan secara rutin juga dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang, terutama tulang belakang dan tubuh bagian bawah. Hal ini sekaligus mampu mengurangi risiko terkena osteoporosis.

BACA JUGA:Simak 6 Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: