Ketahui 5 Tips dan Cara Mudah Merawat Baterai Kamera agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Ketahui 5 Tips dan Cara Mudah Merawat Baterai Kamera agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Tips dan cara merawat baterai kamera agar lebih awet dan tahan lama -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESSS.COM - Bagi kamu yang memiliki kamera, merawat kamera menjadi salah satu hal yang harus dilakukan agar kamera tidak mudah rusak. 

Salah satu perawatan yang bisa kamu lakukan adalah dengan merawat baterai kamera agar awet dan tahan lama saat digunakan. Sama seperti peralatan elektronik lainnya, baterai kamera juga punya performance yang akan menurun seiring berjalannya waktu.

Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan tips yang mudah dan sederhana agar abterai kamera tetap awet dan tidak mudah rusak. Bagaimana tips dan cara perawatannya? Yuk, simak pada ulasan di bawah ini. 

1. Matikan kamera ketika tidak digunakan

Tips pertama untuk merawat baterai kameramu, yaitu matikan kamera apabila sedang tidak digunakan. Namun, hal ini tergantung dari kebutuhanmu juga. 

Jika kamu menggunakan kamera untuk menangkap momen-momen bergerak, seperti pertandingan olahraga, lebih baik kamu terus menyalakan kamera agar tidak tertinggal momen penting. 

BACA JUGA:Bagini Tips Mudah Mengatasi Baterai HP Tidak Bisa Dicas, Bisa Untuk Semua Jenis Smartphone

Jika kamu menggunakan kamera hanya untuk memotret pemandangan ketika traveling, lebih baik matikan kamera ketika tidak dipakai. Ini juga akan mencegah salah tekan ketika kamera sedang dikalungkan di leher.

2. Isi baterai dengan chager asli

Menggunakan charger asli bawaan pabrik saat mengisi baterai kamera merupakan suatu kewajiban. Pasalnya dengan charger asli tersebut tentu sesuai dengan kapasitas baterai yang mana sudah disetting pabrik sedemikian rupa.

Sehingga jika diganti maka kemungkinan sedikit banyak akan berpengaruh pada baterai. Jika Anda tidak menggunakan charger asli, baterai kamera kamu akan mudah rusak dan kerap kali cepat habis saat digunakan.

3. Jangan terlalu sering melihat hasil foto

Begitu menjepret sebuah foto, pasti kamu langsung ingin melihat hasilnya. Tapi sebaiknya kamu jangan terlalu sering menggunakan fitur playback karena akan membuat baterai kameramu semakin boros. . 

Selain itu, biasanya di kamera terdapat fungsi konektivitas (WiFi) untuk mentransfer foto dari kamera ke handphone. Daripada menghabiskan baterai dengan transfer data setiap sejam sekali, lebih baik tunggu hingga malam hari dan transfer semua datamu sekaligus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: