6 Manfaat Squat Jump, Meningkatkan Kekuatan Otot dan Tulang

6 Manfaat Squat Jump, Meningkatkan Kekuatan Otot dan Tulang

Manfaat gerakan squat jump -Pinterest -

3. Meningkatkan keseimbangan tubuh

Manfaat squat jump lainnya adalah meningkatkan keseimbangan tubuh. Pasalnya, latihan ini melibatkan otot bagian bawah untuk melakukan gerakan melompat secara berulang. 

Efeknya, tubuh Anda akan memiliki kekuatan otot yang baik sehingga keseimbangan tubuh pun terjaga.

4. Meningkatkan peredaran darah

Squat jump termasuk olahraga yang cukup berat. Intensitasnya tinggi, sehingga memicu jantung untuk berdetak lebih cepat. Karena itu, peredaran darah pun lebih lancar. 

Hal ini membantu terkirimnya nutrisi ke seluruh tubuh. Selain itu, peredaran darah yang cepat juga membuat tubuh lebih panas. Alhasil, pori-pori pun terbuka dan tubuh mengeluarkan keringat. 

Keringat berfungsi mengeluarkan zat sisa dan beracun dari dalam tubuh. Jadinya lebih banyak energi dan lebih berkurang racun, bukan?

BACA JUGA:Rahasia Kejantanan Lelaki! Ini Dia 10 Obat Kuat Tradisional Khusus Lelaki

5. Membakar kalori

Gerakan squat jump mungkin tidak bisa membakar kalori sebanyak senam aerobik. Namun, jika dilakukan secara terus-menerus, squat jump mampu meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh serta menurunkan berat badan.

Perbedaan dari squat biasa dan squat jump adalah squat jump membakar jauh lebih banyak kalori. Otot yang digunakan dalam squat jump pun lebih banyak. Artinya energi yang kamu pakai pun lebih banyak. 

Sebagai gambaran, 3 set dari 10 repetisi squat jump bisa membakar 100 kcal. Sementara 5 menit squat biasa hanya membakar 44 kcal saja.

6. Mengurangi risiko terkena cedera

Manfaat squat jump yang tidak kalah penting lainnya adalah mengurangi risiko terkena cedera. Pada dasarnya, gerakan squat jump melatih kekuatan otot, tulang, dan ligamen agar menjadi lebih kekar dan kencang. 

Hal ini tentunya dapat mengurangi risiko terjadinya cedera akibat terjatuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: