Tanpa Disadari 5 Hal Kebiasaan Buruk Ini Dapat Membuat Gigi Maju

Tanpa Disadari 5 Hal Kebiasaan Buruk Ini Dapat Membuat Gigi Maju

Mengisap jari merupakan kebiasaan lain yang harus dihentikan sejak dini agar gigi tidak menjadi maju-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tahukah kamu ada beberapa kebiasaan yang membuat gigi pada anak menjadi lebih maju saat beranjak besar. Lalu, kebiasaan apa saja yang bisa membuat gigi maju? Yuk, cari tahu jawabannya dengan menyimak ulasan berikut ini. 

Gigi maju merupakan suatu keadaan pada gigi yang tidak normal, yang banyak dijumpai di masyarakat. Keadaan gigi yang seperti ini tentu dapat mengganggu. 

Bayangkan, jika Ladies memiliki gigi yang maju, maka makan pun akan terasa kurang nyaman. Selain itu, Ladies juga akan terkesan kurang menjaga penampilan diri.

Ladies akan merasa kurang percaya diri dengan adanya gigi maju tersebut. Gigi maju ini ternyata punya penyebab yang beragam. Seperti halnya kebiasaan buruk yang menyebabkan jerawat, gigi maju juga dapat disebabkan oleh berbagai kebiasaan buruk berikut ini. Apa saja?

BACA JUGA:Agar Lambung Tetap Sehat dan Bebas Penyakit, dr Zaidul Akbar: Konsumsi Buah Enak Ini

1. Posisi Lidah yang Tidak Normal

Salah satu penyebab yang dapat membuat gigi maju adalah poisi lidah yang tidak normal. Posisi lidah yang tidak normal biasa disebut juga dengan tounge thrust. Kondisi ini bisa terjadi sejak usia masa kanak-kanak. 

Tongue thrust sebenarnya merupakan kondisi lidah pada bayi, di mana lidah menjadi sedikit maju dan membentuk gerakan mengisap guna membantu bayi dalam menelan air susu.

Namun, seharusnya, tongue thrust dapat hilang sendirinya mulai dari masa MPASI. Lidah bayi yang sudah mulai dikenalkan dengan makanan pendamping ASI juga harus mulai dilatih untuk menelan dengan benar, sehingga posisi lidah juga menjadi sedikit mundur. 

Bayi yang tidak atau kurang terlatih cara menelannya dapat tetap memiliki tongue thrust hingga dewasa. Lama-kelamaan, gigi pun akan menjadi maju. 

BACA JUGA:Kantung Mata Hitam Bisa Jadi Tanda Ginjal Bermasalah, dr Zaidul Akbar Bagikan Cara Mengatasinya

2. Mengisap Jari

Mengisap jari merupakan kebiasaan lain yang harus dihentikan sejak dini agar gigi tidak menjadi maju. Kebiasaan yang dilakukan terus-menerus ini dapat membuat gigi menjadi terdorong ke depan, hingga akhirnya menjadi tidak rata atau maju.

Meski membantu, namun perlu diingat anak-anak harus menghentikan kebiasaan ini pada saat usia antara 2 – 4 tahun. Apabila mengisap jari dibiarkan terus hingga anak berusia lima tahun atau lebih, maka akan muncul berbagai masalah gigi dan mulut, salah satunya gigi maju.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: