Tanpa Disadari 5 Hal Kebiasaan Buruk Ini Dapat Membuat Gigi Maju

Tanpa Disadari 5 Hal Kebiasaan Buruk Ini Dapat Membuat Gigi Maju

Mengisap jari merupakan kebiasaan lain yang harus dihentikan sejak dini agar gigi tidak menjadi maju-Pinterest -

4. Memakai Dot

Tanpa disadari jika memberikan dot secara sering akan membuat gigi maju.  Sama seperti mengisap jari, memakai dot dalam waktu yang lama dapat membuat gigi maju. 

Saat memakai dot, posisi gigi anak akan menjadi tidak sejajar, sedikit terbuka dan gigi atas berada dalam posisi miring ke arah luar atau maju. Maka, hentikanlah penggunaan dot saat anak sudah berusia maksimal empat tahun untuk mengurangi resiko terjadinya gigi maju.

BACA JUGA:Berat Badan Turun Tanpa Diet, dr Zaidul Akbar Sarankan Rutin Minum Ini Setiap Hari

4. Kebiasaan Menggigit Benda Keras

Beberapa anak mungkin memiliki kecenderungan untuk menggigit-gigit benda keras seperti pensil atau pulpen. Ketika menjadi kebiasaan, hal ini dapat memengaruhi pembentukan gigi.

Hal itu disebabkan anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan memiliki rahang yang fleksibel. Karena itu, kebiasaan menggigit benda keras ini dapat membuat perubahan pada struktur rahang anak dan kemudian menyebabkan gigi tonggos.

5. Menggigit Bibir

Tanpa disadari, menggigit bibir dapat menjadi kebiasaan yang dapat dilakukan hingga usia dewasa dan berakibat buruk bagi kondisi gigi. Terkadang, menggigit bibir dapat dilakukan oleh seseorang yang sedang merasa cemas. 

Pada orang yang cemas, menggigit bibir dilakukan secara tidak disengaja dan sementara saja. Akan tetapi, ada pula orang yang melakukannya dalam jangka panjang, sehingga menjadi sebuah kebiasaan. 

BACA JUGA:Berat Badan Turun Tanpa Diet, dr Zaidul Akbar Sarankan Rutin Minum Ini Setiap Hari

Kebiasaan menggigit bibir, terutama bibir bagian bawah, akan membuat posisi gigi depan bagian bawah menjadi sedikit menjorok ke dalam, sedangkan gigi bagian atas akan menjadi maju.

Itulah sejumlah kebiasaan yang tanpa disadari akan membuat gigi maju pada anak. Ada banyak faktor yang diduga menjadi penyebab gigi tonggos. Hal ini bisa berupa faktor alamiah, hingga kebiasaan buruk yang kerap dilakukan pada masa kanak-kanak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: