Timbulkan Risiko Penyakit Mematikan, Ini Dia Bahaya Makan Malam untuk Tubuh

Timbulkan Risiko Penyakit Mematikan, Ini Dia Bahaya Makan Malam untuk Tubuh

Salah satu kebiasaan buruk yang masih sering dilakukan oleh sebagian orang ialah kerap makan malam sebelum tidur. -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu kebiasaan buruk yang masih sering dilakukan oleh sebagian orang ialah kerap makan malam sebelum tidur. 

Mungkin sebagian orang tidak mengetahui atau acuh tergadap bahaya yang disebabkan karena kebiasaan makan pada malam hari. Kebiasaan ini tentu akan menganggu kesehatan yang berakibat munculnya risiko penyakit mematikan. 

Banyak sekali efek buruk dari mengkonsumsi makanan berat ataupun camilan pada malam hari sebelum anda pergi tidur.

Lantas, apa bahaya yang bisa Anda dapatkan karena kebiasaan buruk yang satu ini? Berikut beberapa dampak buruk dari kebiasaan mengkonsumsi makanan berat atau camilan pada malam hari sebelum pergi tidur. 

BACA JUGA:Jadi Indikasi Penyakit pada Tubuh, Inilah Penyebab Kentut Berlebihan

1. Menambah Berat Badan

Berat badan yang bertambah menjadi permasalah yang sangat umum terjadi. Mengapa hal ini bisa terjadi? Perlu anda ingat, bahwa setiap makanan dan camilan yang masuk ke dalam tubuh memiliki kandungan kalori yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas.

Ketika makanan yang mengandung kalori tinggi masuk ke dalam tubuh, namun tidak ada aktivitas yang dilakukan, maka kalori tersebut tidak akan terbakar dan malah akan menjadi lemak yang menumpuk di dalam tubuh. 

Kalori yang tidak terbakar ini, yang kemudian menjadi lemak, akan sangat mempengaruhi kondisi berat badan. Bisa dipastikan berat badan akan meningkat secara drastis apabila mengkonsumsi makanan pada malam hari sebelum tidur.

2. Mempengaruhi Pola dan Kualitas Tidur

Selain dapat mendambah berat badan makan malam hari tentu akan mempengaruhi pola dan kualitas tidur. Pola tidur dan kualitas tidur anda pasti akan ikut terpengaruh, apabila memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan berat atau mengkonsumsi camilan pada malam hari sebelum pergi tidur.

BACA JUGA:Penting Diketahui, 5 Makanan Ini yang Bisa Menghambat Penyerapan Kalsium Dalam Tubuh

Sama seperti penjelasan sebelumnya, jenis makanan apapun pasti mengandung kalori. Kalori merupakan suatu bahan bakar yang diperlukan tubuh, sehingga tidak bisa membuatnya cepat tidur dan pasti akan terjaga sejenak. 

Hal ini karena makanan yang mengenyangkan akan memberi stimulus untuk melakukan suatu pekerjaan, bukannya tidur. Tentunya hal ini akan berpengaruh terhadap kualitas tidur, sehingga membuatnya sulit bangun keesokan harinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: