Inilah 6 Manfaat Madu Manuka yang Wajib Dicoba

Inilah 6 Manfaat Madu Manuka yang Wajib Dicoba

Sifat antioksidan dan antibakteri yang terkandung dalam madu manuka diketahui dapat mengobati luka serta mencegah terjadinya infeksi.--

BACA JUGA:Ikan Nila Dipercaya bermanfaat untuk Menjaga Kesehatan Mata dan Otak

4. Mengurangi gejala alergi

Konsumsi madu manuka diketahui dapat mengurangi gejala alergi (rhinitis alergi), seperti pilek, mata berair, dan bersin. Anda bisa menyediakan madu manuka di rumah dan mengonsumsinya untuk mengurangi risiko kekambuhan alergi maupun sebagai obat alergi alami.Namun, efektivitas madu manuka dalam mengurangi gejala alergi ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

5. Mencegah tukak lambung

Tukak lambung merupakan luka yang terbentuk di lapisan lambung dan menimbulkan gejala berupa sakit perut, mual, serta kembung. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori. Sifat antibakteri kuat yang terdapat dalam madu manuka diketahui dapat melawan Helicobacter pylori. Anda bisa mengonsumsi 1 sendok madu manuka setiap hari untuk mencegah atau mengobati penyakit tukak lambung.

BACA JUGA:Ikan Tenggiri, Ikan Lezat Kaya Manfaat

6. Merawat kulit berjerawat

Madu manuka juga bermanfaat dalam mengurangi peradangan dan melawan bakteri penyebab jerawat. Hal ini berkat sifat antiperadangan dan antibakteri dalam madu tersebut. Selain itu, madu manuka juga mengandung fruktosa, glukosa, dan beberapa asam amino yang bisa menghidrasi kulit.

Madu manuka juga dipercaya memiliki manfaat lain, seperti mengatasi hidung tersumbat saat tidur, mengobati luka diabetes, mengurangi gejala irritable bowel syndrome, mengatasi eksim dan dermatitis, serta menjaga kesehatan saluran pencernaan. Namun, berbagai manfaat madu manuka ini masih membutuhkan studi lebih lanjut untuk memastikan efektivitas serta keamanannya.

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Ikan Gabus Sangat Baik untuk Mempercepat Penyembuhan Luka

Meski memiliki banyak manfaat yang ditawarkan, madu manuka tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, orang yang memiliki alergi madu atau lebah, dan bayi yang berusia kurang dari 1 tahun. Sebelum mengonsumsi madu manuka untuk mengobati kondisi medis tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan keamanannya. Dokter juga mungkin akan memberikan rekomendasi jumlah madu manuka yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. Perlu diingat, jika Anda membeli madu manuka dalam kemasan, pilihlah madu yang telah memiliki izin edar dari BPOM agar keamanan dan kualitasnya selalu terjamin.(**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: