Inilah 7 Manfaat Leunca untuk Kesehatan Tubuh

Inilah 7 Manfaat Leunca untuk Kesehatan Tubuh

Leunca (Solanum nigrum) dikenal masih berkerabat dengan terong-Adv-

Leunca mengandung senyawa polifenol yang berfungsi sebagai agen antiobesitas yang dapat mengurangi penumpukan lemak di hati serta kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Mengonsumsi ekstrak leunca selama hari terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

BACA JUGA:Jarang Dikonsumsi, Ternyata Ini Manfaat Daun Pepaya Jepang untuk Kesehatan

Hal ini tentunya dapat menjaga kesehatan jantung karena bisa menurunkan risiko penyakit jantung akibat kadar kolesterol yang berkurang.

4. Mencegah tanda-tanda penuaan dini

Leunca bisa menjadi pilihan makanan yang menyehatkan kulit. Protein, lemak, dan antioksidan pada leunca dapat membantu memperbaiki dan memperbarui jaringan kulit yang rusak. Dengan begitu, kulit menjadi lebih sehat dan tanda-tanda penuaan dini, seperti garis-garis halus, bintik hitam, dan kulit kusam, dapat tersamarkan.

5. Mencegah osteoporosis

Konsumsi leunca termasuk salah satu cara untuk menguatkan tulang. Manfaat ini berkat kandungan kalsium, fosfor, dan protein yang berperan dalam menjaga kepadatan tulang sekaligus meningkatkan kekuatan tulang. Dengan begitu, risiko terjadinya osteroporosis dan patah tulang dapat menurun.  

BACA JUGA:Ini Dia Pilihan Jus untuk Mengecilkan Perut yang Patut Dicoba

6. Mencegah perburukan kanker

Manfaat leunca lainnya untuk kesehatan tubuh adalah dapat mencegah terbentuknya sel kanker. Kandungan senyawa solasodine yang terbukti mampu menghambat pertumbuhan sel dan jaringan abnormal yang ganas. 

Dengan dicegahnya pembentukan sel abnormal tersebut, faktor risiko terserang penyakit kanker akan berkurang. Nutrisi dalam leunca juga akan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dalam melawan pertumbuhan sel-sel kanker. Meski begitu, efektivitas leunca dalam mengobati kanker masih perlu diteliti lebih lanjut.

7. Merawat Kesehatan Kulit

Selain vitamin A, leunca juga mengandung vitamin C. Hal ini lantas menghasilkan manfaat leunca yang berkaitan dengan fungsi vitamin C, salah satu yang paling utama yakni merawat kesehatan kulit. 

Pasalnya, vitamin C memiliki sifat antioksidan, yang mana antioksidan tersebut bertugas untuk menghalau radikal bebas yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada sel-sel kulit. 

BACA JUGA:Ingin Wajah Glowing Tanpa Flek Hitam, dr Zaidul Akbar Bagikan Resep Menggunakan 2 Bahan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: