Jarang Dikonsumsi, Ternyata Ini Manfaat Daun Pepaya Jepang untuk Kesehatan

Jarang Dikonsumsi, Ternyata Ini Manfaat Daun Pepaya Jepang untuk Kesehatan

Daun pepaya jepang (Cnidoscolus aconitifolius) dikenal dengan chaya merupakan jenis tanaman yang jarang dikonsumsi -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Mungkin sebagian dari kamu belum mencoba yang namanya daun pepaya jepang, mengonsumsi daun pepaya jepang ternyata memiliki ragam manfaat untuk kesehatan lho. Ingin tahu apa saja manfaat daun pepeaya jepang untuk kesehatan? Yuk, cari tahu jawabannya di bawagh ini. 

Daun pepaya jepang (Cnidoscolus aconitifolius) dikenal dengan chaya merupakan jenis tanaman yang jarang dikonsumsi, padahal tanaman ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.  

Secara kekerabatan, daun ini lebih dekat dengan singkong, tetapi disebut pepaya karena bentuk, tekstur, dan rasanya mirip dengan daun pepaya. Daun pepaya jepang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan berkat kandungan yang ada di dalamnya. 

BACA JUGA:Ini Dia Berbagai Pilihan Makanan Sehat untuk Kulit

Daun pepaya jepang mengandung berbagai senyawa bioaktif yaitu alkaloid, flavonoid, myricetin, karotenoid, pektin, antrakuinon, tanin, dan saponin. Kandungan inilah yang telah lama digunakan sebagai obat herbal untuk berbagai penyakit oleh masyarakat Indonesia. 

Selain itu, terdapat berbagai manfaat lain dari daun pepaya jepang untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat dari kandungan gizinya.

1. Melancarkan produksi ASI

Daun pepaya jepang telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk memperbanyak produksi ASI. Manfaat ini berkat kandungan antioksidan seperti alkaloid dan flavonoid dapat meningkatkan hormon prolaktin. Hormon inilah yang berperan dalam peningkatan produksi ASI.

Penting untuk diingat bahwa efek chaya mungkin bervariasi pada setiap orang. Selain itu, keamanan penggunaannya untuk ibu menyusui belum sepenuhnya diteliti.

BACA JUGA:Tapak Dara, Obat Herbal Alami Kaya Khasiat

2. Membantu cegah anemia

Daun pepaya jepang mengandung zat besi tinggi yang bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah sehingga mengurangi risiko anemia. Bahkan, kandungan zat besi di dalam chaya lebih tinggi dibanding bayam. 

Sebagai perbandingan, dalam 100 gram chaya mengandung 11,4 miligram zat besi. Sementara itu, dalam 100 gram daun bayam hanya mengandung 3,5 miligram zat besi. Oleh karena itu, kandungan zat besi di dalam chaya dua kali lebih banyak dibanding bayam.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: