Jarang Dikonsumsi, Ternyata Ini Manfaat Daun Pepaya Jepang untuk Kesehatan

Jarang Dikonsumsi, Ternyata Ini Manfaat Daun Pepaya Jepang untuk Kesehatan

Daun pepaya jepang (Cnidoscolus aconitifolius) dikenal dengan chaya merupakan jenis tanaman yang jarang dikonsumsi -Pinterest -

Dalam 100 gram daun pepaya jepang mengandung 165 miligram vitamin C yang memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Vitamin C juga berperan dalam membentuk pembuluh darah, tulang rawan, sampai kolagen di dalam tulang. Tidak hanya itu, vitamin C juga bisa mempercepat penyembuhan ketika tubuh sedang sakit.

Namun, tubuh tidak bisa memproduksi vitamin C sendiri. Maka, Anda bisa mendapatkannya dari daun pepaya jepang sebagai salah satu pilihan makanan kaya vitamin C.

BACA JUGA:Mudah Diketahui, Kenali 9 Tanda Cowok Suka Sama Kamu

4. Meredakan sembelit

Daun pepaya jepang juga bisa dimanfaatkan sebagai pereda sembelit alami. Manfaat ini diperoleh dari kandungan serat larut yang tinggi yaitu pektin.

Serat ini dapat membantu melembutkan feses dan meningkatkan frekuensi buang air besar sehingga baik dikonsumsi bagi penderita sembelit.

Daun ini juga mengandung senyawa antrakuinon yang memiliki sifat pencahar. Senyawa ini dapat membantu merangsang kontraksi otot usus dan mempercepat proses pencernaan.

5. Meredakan gejala kolesterol

Tanin dan saponin dalam daun pepaya jepangf bermanfaat untuk menurunkan jumlah kolesterol dalam darah. Senyawa tanin mampu menghambat penyerapan kolesterol dari makanan dalam usus. 

Sementara itu, saponin bekerja dengan mengikat asam empedu dalam saluran pencernaan sehingga mengurangi penyerapan kolesterol. 

Penting untuk diingat bahwa efek tanin dan saponin pada kolesterol mungkin tidak sama untuk setiap orang. Manfaat ini juga mungkin lebih efektif jika Anda melakukan pola hidup sehat.

BACA JUGA:Dikenal Sejak Dulu Kala, Telur Ayam Kampung yang Kaya Akan Nutrisi

Itulah manfaat daun pepaya jepang untuk kesehatan, untuk mendapatkan manfaat daun ini dengan maksimal, Anda perlu mengolah sayuran ini dengan baik. Pasalnya, cara yang salah justru dapat menimbulkan bahaya pada daun pepaya jepang yaitu keracunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: