Inilah 7 Manfaat Leunca untuk Kesehatan Tubuh

Inilah 7 Manfaat Leunca untuk Kesehatan Tubuh

Leunca (Solanum nigrum) dikenal masih berkerabat dengan terong-Adv-

BENGKULUESKPRESS.COM - Salah satu lalapan yang sering kali menjadi pendamping setia setiap santap adalah leunca. Ya, siapa yang tidak tahu jenis sayuran buah yang satu ini, leunca adalah sayuran yang berbentuk bulat kecil dengan tekstur lembut. 

Sayuran yang sering dijadikan lalapan atau bahan untuk membuat sambal ini menyimpan nutrisi yang melimpah, sehingga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan.

Leunca (Solanum nigrum) dikenal masih berkerabat dengan terong. Sayuran ini berwarna hijau saat masih muda dan akan berubah menjadi ungu kehitaman setelah matang. Namun, masyarakat Indonesia banyak mengonsumsi leunca yang berwarna hijau. 

BACA JUGA:Bumbu Dapur Ini Ternyata Obat Kuat Herbal dan Penambah Stamina Pria, Berikut Penjelasan dr Zaidul Akbar

Selain menambah rasa dan aroma di makanan, konsumsi leunca bisa memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Hal ini berkat banyaknya nutrisi, termasuk antioksidan, yang terkandung di dalam leunca. Lalu apa saja manfaat leunca untuk kesehatan tubuh? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Selain mengandung anrioksidan, leunca juga mengandung vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, beta karoten, zinc, serta senyawa alami berupa flavonoid, saponin, tanin, dan antosianin. Berkat kandungan nutrisi inilah leunca sering dijadikan sebagai bahan obat tradisional karena dapat memberikan manfaat berikut berikut diantaranya: 

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat utama yang dapat dirasakan saat mengonsumsi leunca secara rutin ialah dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini bukan tanpa alasan pasalnya, kandungan vitamin C, zinc, dan beta karoten di dalam leunca dapat membantu meningkatkan sistem imun sehingga tubuh tidak mudah sakit. 

BACA JUGA:Ingin Wajah Glowing Tanpa Flek Hitam, dr Zaidul Akbar Bagikan Resep Menggunakan 2 Bahan Ini

Selain itu, protein di dalam sayuran ini juga dapat mempercepat proses penyembuhan berkat perannya dalam memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

2.  Memelihara kesehatan mata

Tidak banyak yang mengetahui jika sayuran leunca memiliki manfaat untuk memelihara kesehatan mata. Sayuran leunca memiliki manfaat bagi kesehatan mata berkat kandungan beta karoten, vitamin C, serta zinc di dalamnya. 

Nutrisi tersebut dapat mengurangi peradangan pada mata serta menjaga fungsi kornea dan retina dengan baik, sehingga risiko terkena katarak dan degenerasi makula dapat menurun. 

3. Menurunkan kolesterol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: