Dana TPG Kota Bengkulu Sudah Ditransfer Pusat, Dalam Seminggu Masuk ke Rekening Guru

Dana TPG Kota Bengkulu Sudah Ditransfer Pusat, Dalam Seminggu Masuk ke Rekening Guru

Guru di Kota Bengkulu-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dana Tunjangan Profesi Guru (TPG) triwulan satu untuk 1.301 penerima sudah ditransfer oleh pemerintah pusat dan sekarang ini dana tersebut sudah masuk dalam kas daerah (kasda) Pemkot Bengkulu. 

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bengkulu melalu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Gita Gama Raniputera menjelaskan, bahwa memang dari Disdik sendiri sudah mengajukan sebanyak 1.301 penerima TPG untuk triwulan satu tersebut.

"Sebanyak 1.301 penerima sudah sudah diusulkan dan sekarang tahap pelengkapan berkas karena dananya sudah ada di kasda," ungkap Gita, Jumat 24 Mei 2024.

Ia menyebutkan, setelah melewati proses yang panjang terutama dalam melakukan verifikasi data, akhirnya dana TPG tersebut bisa turun.

BACA JUGA:Bandel! Polresta Bengkulu Tertibkan Jukir Ilegal dan PKL yang Berjualan di Jalan Panorama

Dia menjelaskan, terhitung satu Minggu dari dimulainya proses dari Disdik kota ke BPKAD ini, maka penerima TPG triwulan satu akan menerima hak mereka.

"Diperkirakan satu Minggu para profesi guru ini sudah bisa menerima hak mereka untuk triwulan satu," terang Kadis Kominfo kota.

Ia menyebutkan, hal tersebut juga sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 Tahun 2024, yang mengatur mengenai hak yang dimiliki oleh aparatur sipil negara, serta dimuat juga besaran yang diterima sesui dengan besaran gaji pokok.

Untuk lengkapnya penerima TPG triwulan satu berjumlah 1.301 tersebut, terdiri dari 130 profesi guru taman kanak-kanak (TK), 597 diperuntukan untuk profesi guru Sekolah Dasar (SD) dan untuk penerima dari profesi guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) berjumlah 558 penerima, serta ditambah dengan guru pengawas 16 penerima.

BACA JUGA:Jadi Juara Umum, Atlet Popda Kota Bengkulu Dapat Uang Pembinaan Rp100 Juta

Besaran dana yang di keluarkan untuk 1.301 penerima TPG pertriwulan satu sebesar Rp 17 miliar lebih serta nilai tersebut sudah diajukan ke BPKAD Kota Bengkulu.

Sementara itu, Kepala BPKAD Kota Bengkulu, Yudi Susanda SSTP MSi membenarkan, bahwa dana TPG ini sudah masuk ke dalam kas daerah.

"Memang benar dana untuk TPG sudah ada di kas daerah kami menunggu pihak dari Dinas Pendidikan kota untuk terkait pemberkasan. Estimasi dalam satu Minggu para guru sudah bisa menerima hak mereka, sekarang kami sedang menunggu dokumen pencairan dari pihak Disdik," ungkap Yudi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: