Ini 5 Jenis Makanan Agar Dapat Mempercepat Pertumbuhan Ikan Guppy

Ini 5 Jenis Makanan Agar Dapat Mempercepat Pertumbuhan Ikan Guppy

pakan terbaik untuk ikan guppy untuk mempercepat pertumbuhan-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BACA JUGA:Tips Merawat Ikan Hias Agar Panjang Umur

BACA JUGA:Tips Agar Ikan Hias Terhindar dari Penyakit, Waspada 7 Penyakit Ini

3. Daphnia 

Daphnia adalah salah satu pakan alami dari keluarga udang yang memiliki kandungan protein tinggi. Pakan ini berasal dari Amerika dan biasanya diimpor ke Indonesia dalam bentuk kultur atau starter. 

Dari starter tersebut, kamu bisa memproduksi daphnia sendiri. Pakan ini praktis dan efektif karena ketika diberikan kepada 20 hingga 39 ekor burayak berumur 2 hari selama seminggu, kamu tidak perlu memberikan pakan tambahan. 

Daphnia dewasa akan terus berproduksi, menyediakan sumber makanan berkelanjutan bagi ikan.

4. Cacing sutra 

Cacing sutra juga bisa dijadikan alternatif makanan untuk ikan guppy. Jenis makanan ini memiliki kandungan protein dan lemak yang baik untuk ikan guppy. Namun, sebaiknya jangan memberikan cacing sutra langsung ke ikan guppy karena cacing tersebut dapat membawa bakteri dan kotoran yang berbahaya bagi ikan. Sebelum diberikan, rendam cacing sutra selama 24 jam dan ganti airnya setiap 12 jam sekali untuk memastikan kebersihannya.

Selain itu, belut cuka (vinegar eel) juga bisa dijadikan alternatif makanan untuk ikan guppy. Belut cuka adalah hewan yang dibudidayakan dalam cuka apel dan di habitat alaminya, mereka tinggal di lautan dan danau.

BACA JUGA:Tips Menentukan Wadah Budidaya Ikan Hias, Ini Pilihannya

BACA JUGA:Tips Memilih Pakan Terbaik untuk Ikan Hias

Betina belut cuka bisa memproduksi hingga 45 ekor anak setiap 8 hingga 10 hari sekali, menjadikannya sumber makanan yang berkelanjutan dan bergizi untuk ikan guppy.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: