Tips Menentukan Wadah Budidaya Ikan Hias, Ini Pilihannya

Tips Menentukan Wadah Budidaya Ikan Hias, Ini Pilihannya

Tips memilih wadah untuk budidaya ikan hias-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Pentingnya persiapan wadah dan media dalam kegiatan budidaya ikan tak dapat dipandang remeh. Persiapan yang baik akan berdampak pada hasil produksi yang optimal. 

Idealnya, wadah budidaya harus disesuaikan dengan jenis dan kondisi ikan yang akan dibudidayakan. Dengan demikian, meskipun proses budidaya melibatkan penebaran benih dalam jumlah besar, perkembangan ikan hias diharapkan dapat mencapai tingkat yang optimal dengan perlakuan yang tepat.

BACA JUGA:Tips Memulai Budidaya Ikan Hias Bagi Pemula, Perhatikan 8 Langkah Ini

BACA JUGA:Kunci Sukses Bisnis Budidaya Ikan Hias

Ada berbagai macam media yang dapat dimanfaatkan dalam budidaya ikan hias. Berikut adalah beberapa jenis wadah budidaya ikan hias yang umum digunakan.

1. Akuarium

Akuarium memang menjadi salah satu pilihan terbaik sebagai sarana budidaya ikan hias. Bentuknya bervariasi, mulai dari bulat, heksagonal, persegi panjang, hingga oktagonal. 

Perawatan ikan hias dengan menggunakan akuarium banyak diminati karena fleksibilitas penempatannya serta kemampuan untuk menciptakan kondisi lingkungan serupa dengan habitat asli ikan.

Sebagaimana yang dikutip dari buku "Mengatasi Penyakit & Hama pada Ikan Hias" karya Maloedyn Sitanggang (halaman 17), akuarium dianggap sebagai sarana utama dalam pemeliharaan ikan hias. Akuarium yang bersih akan membuat ikan hias tetap sehat dan lebih tahan terhadap serangan berbagai parasit.

BACA JUGA:Peluang Cuan! Untung dari Budidaya Sorgum di Lahan Kering

BACA JUGA:Langkah-langkah Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal, Simak Selengkapnya

2. Bak

Bak merupakan pilihan yang ideal sebagai wadah pemeliharaan ikan hias, terutama untuk menampung ikan dalam jumlah banyak. Media ini sangat praktis dan cocok digunakan untuk budidaya di area dengan lahan yang terbatas.

Bak sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain bak fiber dan bak beton. Namun, untuk pemeliharaan ikan hias umumnya lebih disarankan menggunakan bak fiber karena lebih sesuai dengan kebutuhan ikan hias.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: