9 Manfaat Bawang Bombai bagi Kesehatan Tubuh

9 Manfaat Bawang Bombai bagi Kesehatan Tubuh

Bawang bombai atau yang dikenal dengan Allium cepa L adalah salah satu jenis bawang yang mudah ditemukan di Indonesia-Pinterest -

Hb bisa ditingkatkan dengan mengkonsumsi bawang bombay. Hal itu dikarenakan di dalam bawang bombay terdapat kandungan manfaat zat besi tinggi.

Sehingga dengan mengkonsumsi bawang bombay secara teratur bisa membuat kandungan zat besi di dalam tubuh menjadi meningkat.

3. Mengatasi Mual

Rasa panas dan pedas yang dihasilkan dari bawang bombay bisa digunakan sebagai penghilang rasa mual. Caranya sangat mudah yaitu dengan memarut bawang bombay dan ditempelkan pada perut.

Rasa paas dari parutan bawang bombay itu bisa digunakan untuk mengatasi mual pada penderita masuk angin.

4. Menurunkan tekanan darah

Kandungan quercetin dalam bombai merupakan salah satu jenis antioksidan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain itu, beberapa studi menunjukkan bahwa kandungan nutrisi di dalam bawang bombai mampu mencegah penggumpalan darah dan mengurangi penumpukan lemak di dalam pembuluh darah.

Kombinasi manfaat tersebut menjadikan bawang bombai baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung serta mencegah berbagai jenis penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

BACA JUGA:Mengganggu Penampilan, Intip 7 Cara Mencegah Stretch Mark Saat Hamil

5. Mengontrol kadar gula darah

Tak hanya menurunkan risiko terkena penyakit jantung, bawang bombai juga diyakini dapat mengontrol kadar gula darah sekaligus meningkatkan kadar hormon insulin dalam tubuh. Manfaat ini membuat bawang bombai baik dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2.

6. Mencegah osteoporosis

Manfaat bawang bombai selanjutnya adalah mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis. Hal ini didukung oleh beberapa penelitian yang membuktikan bahwa konsumsi bawang bombai secara rutin dapat meningkatkan kepadatan tulang.

Bahkan, ada pula penelitian yang menunjukkan bawang bombai dapat mengurangi risiko terjadinya patah tulang pinggul pada wanita yang telah memasuki masa menopause.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: