9 Manfaat Bawang Bombai bagi Kesehatan Tubuh

9 Manfaat Bawang Bombai bagi Kesehatan Tubuh

Bawang bombai atau yang dikenal dengan Allium cepa L adalah salah satu jenis bawang yang mudah ditemukan di Indonesia-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Siapa yang tidak tahu bawang bombai, selain menambah cita rasa pada makanan, ada sejumlah manfaat bawang bombai untuk kesehatan. 

Beragam kandungan nutrisi di dalamnya dikenal bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah osteoporosis, bahkan kanker.

Bawang bombai atau yang dikenal dengan Allium cepa L adalah salah satu jenis bawang yang mudah ditemukan di Indonesia.

Sama seperti bawang merah dan bawang putih, bawang bombai juga kerap digunakan sebagai bumbu untuk menambah cita rasa pada masakan.

BACA JUGA:Dapat Atasi Masalah Pengelihatan, Berikut 7 Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Bombai bagi Kesehatan Tubuh 

Manfaat yang dapat diberikan bawang bombai tentu tak lepas dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.  Bawang bombai juga telah lama digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti diabetes, batuk, flu dan malaria.

Bawang bombai juga mengandung zat besi, zinc, senyawa sulfur organik dan berbagai jenis antioksidan, seperti flavonoid, asam fenolik, antosianin, dan quercetin.

Karena kandungan nutrisinya yang beragam, ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan mengonsumsi bawang bombai, di antaranya:

1. Mencegah konstipasi

Bawang bombai merupakan salah satu tanaman yang kaya akan serat. Berkat kandungan ini, bawang bombai baik dikonsumsi untuk melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi.

Kandungan serat dalam bawang bombai juga memiliki sifat prebiotik yang dapat mendukung keseimbangan bakteri baik dalam usus, yang dapat menjaga serta menyehatkan saluran cerna.

BACA JUGA:Tidak Perlu Diragukan Lagi, Inilah Manfaat Mandi Subuh untuk Kesehatan

2. Meningkatkan Hemoglobin (Hb)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: